• February 21, 2024

Usai Pindah, Pemain Ini Apes di Pertandingan Pertama Liga Inggris

Bermain di liga seketat Inggris ternyata butuh kesiapan mental berlebih dari setiap pemain. Terutama pada laga debutnya. Karena tak cukup hanya soal adaptasi saja. Buktinya ada pemain yang sudah lama bermain di Liga Inggris, eh ketika pindah ke ke klub lain sesama Inggris, debutnya juga berakhir buruk.

Nah, berikut beberapa pemain di Liga Inggris yang nasibnya apes karena debut bersama klub barunya berakhir dengan catatan buruk yang tak terlupakan.

Joe Cole dan Laurent Koscielny (2010)

Laga Liverpool vs Arsenal adalah laga Big Match seru yang tersaji di pekan pertama Liga Inggris musim 2010/11. Ajang pembuktian pemain baru pun tak luput menjadi bumbu di laga tersebut.

Di skuad The Reds asuhan Roy Hodgson salah satunya adalah Joe Cole. Mantan pemain Chelsea yang didapat gratis di musim itu. Sedangkan di Arsenal ada Laurent Koscielny. Tembok baru harapan Wenger yang didatangkan dari Lorient.

Jalannya laga yang panas dan keras, tak memunculkan kesan indah dari dua pemain baru tersebut. Joe Cole yang melancarkan tekel keras tak perlu pada pemain baru The Gunners Koscielny, berbuah kartu merah langsung di menit 45 jelang turun minum.

Kartu merah tersebut menuntut Liverpool harus kerja keras mempertahankan keunggulannya 1-0 dengan 10 pemain. Nahas bagi Liverpool, mereka kebobolan di babak kedua dan untung saja laga tersebut hanya berakhir imbang 1-1.

Tak hanya itu, bek yang dijegal Joe Cole, Koscielny juga harus mengalami debutnya yang suram. Ia menerima kartu kuning kedua di menit akhir babak kedua. Jadi, dua kartu merah untuk dua rekrutan baru di laga tersebut menjadi catatan yang menarik.

Gervinho (Arsenal) vs Newcastle (2011)

Tak hanya Koscielny yang melakukan debut suramnya di Arsenal. Ada juga Gervinho di tahun 2011. Pemain Pantai Gading itu didatangkan Wenger dari juara Liga Prancis, Lille. Publik Emirates punya harapan tinggi kepadanya. Termasuk di laga pekan pertama Liga Inggris musim 2011/12 melawan Newcastle di Saint James Park.

Di laga tersebut, Gervinho main sejak awal laga. Namun, di babak kedua tepatnya di menit 76, insiden menarik pun terjadi. Diawali dengan pemain kontroversial The Magpies, Joey Barton memancing emosi Gervinho yang dianggap melakukan diving di kotak penalti.

Barton coba membangunkan Gervinho dan memprotesnya. Sontak Gervinho pun marah dan akhirnya sepintas terlihat seperti menampar Barton. Barton yang “ahli drama” pun merasa kesakitan Dan akhirnya, Gervinho diganjar kartu merah. Sementara itu, “si preman” Barton hanya dikenai kartu kuning.

Wayne Bridge (West Ham) vs Arsenal (2011)

Pemain berikutnya yang merasakan debut buruk adalah Wayne Bridge. Bek kiri Inggris bekas Chelsea yang sudah dibeli Manchester City sejak 2009. Tapi di bursa transfer musim dingin Januari 2011, Bridge dipinjamkan oleh City ke West Ham.

Nah, debutnya di The Hammers itulah yang tak membahagiakan. Bermain sejak menit awal di laga melawan Arsenal di Upton Park Januari 2011, Bridge malah jadi sorotan. Bukan permainan ciamiknya sebagai punggawa baru, melainkan blundernya yang mengakibatkan salah satu gol bagi Meriam London.

Pelanggaran dirinya kepada Theo Walcott berbuah penalti bagi The Gunners. Van Persie sukses mengkonversikannya menjadi gol. Laga tersebut berakhir dengan skor 0-3 untuk kemenangan Arsenal.

Alex Jankewitz (Southampton) vs Manchester United (2021)

Hari yang indah bagi pemain muda Southampton, Alex Jankewitz. Dirinya dijadikan starter di laga kontra Manchester United oleh pelatih Ralph Hasenhuttl pada tanggal 2 Februari 2021. Laga yang dihelat di Old Trafford tersebut penuh dengan kejutan.

Termasuk kejutan pertama yang diukir oleh Alex Jankewitz. Pemain yang baru mencicipi debutnya bersama skuad senior The Saints tersebut malah melancarkan tekel kerasnya yang menghujam kaki Mctominay. Padahal laga baru berjalan 80 detik.

Alhasil tanpa ragu wasit langsung mengeluarkan kartu merah kepada pemain 19 tahun tersebut. Kejutan lainnya di laga tersebut yakni Soton kewalahan bermain dengan 10 pemain. Mereka dihajar tanpa ampun oleh “King MU” dengan skor mencolok 9-0.

Rodrigo (Leeds) vs Liverpool (2020)

Leeds united di bawah Marcelo Bielsa mencatatkan pembelian termahal mereka atas nama Rodrigo, striker Spanyol dari Valencia seharga 26 juta pounds. Diharapkan tuah gol-golnya mampu menolong Leeds berbicara banyak pada musim perdananya di Liga Inggris 2020/21.

Di laga pembuka, Leeds langsung menantang juara bertahan Liverpool di Anfield. Laga yang berjalan seru membuat hujan gol terjadi. Tapi setelah skor seri 3-3, kejadian tak mengenakan dalam debut Rodrigo pun terjadi.

Rodrigo baru masuk di babak kedua. Tapi alih-alih mencetak gol kemenangan, debutnya malah diwarnai aksi menjegal Fabinho di kotak penalti pada menit-menit krusial babak kedua.

Alhasil Leeds dihukum penalti. Mo Salah sukses sebagai algojonya. Liverpool berbalik unggul dan akhirnya menang 4-3. Rodrigo benar-benar menyesal atas tindakannya tersebut. Ia sangat berhutang pada publik Leeds akibat kekalahan yang tak seharusnya bagi Leeds.

Joao Felix (Chelsea) vs Fulham (2022)

Pemain berikutnya yang bernasib buruk di laga debutnya adalah Joao Felix. Ia dipinjam dengan biaya mahal dari Atletico Madrid ke Chelsea musim lalu.

Tapi kesan pertamanya berseragam The Blues tercoreng. Ia diberikan debut pertamanya di laga melawan Fulham pada 12 Januari 2023. Bertandang di Craven Cottage, pelatih Graham Potter mempercayakan bintang Portugal itu menjadi striker inti di skuadnya. Namun apa yang terjadi?

Tak ada gol maupun assist darinya. Yang ada malah kartu merah yang melayang dari saku wasit di menit 58. Setelah dirinya melanggar keras bek Fulham Kenny Tete dengan sledingan kakinya. Laga pun berakhir dengan kemenangan Fulham 2-1 setelah Chelsea kewalahan bermain dengan 10 pemain.

Thiago Silva (Chelsea) vs West Bromwich Albion (2020)

Thiago Silva, bek Chelsea yang hingga kini berseragam The Blues pun tak luput meninggalkan catatan buruk di debutnya. Hal itu terjadi setelah dirinya didatangkan dari PSG pada tahun 2020 silam.

Debutnya diberikan oleh pelatih Chelsea saat itu, Frank Lampard di laga melawan West Bromwich Albion, 22 September 2020. Laga yang berkesudahan seri 3-3 tersebut, salah satu gol dari West Bromwich lahir berkat blunder dari Silva.

Silva gagal mengontrol bola dari back pass Kovacic. Bola tersebut langsung dicuri oleh striker West Brom, yakni Robinson dan akhirnya berbuah gol kedua bagi West Bromwich.

Moises Caicedo (Chelsea) vs West Ham (2023)

Berikutnya yang paling terbaru adalah Moises Caicedo. Pemain termahal Liga Inggris berbandrol 115 juta pounds yang dibeli Chelsea dari Brighton. Ia langsung meninggalkan catatan buruk di laga debutnya melawan West Ham di Olympia Stadium.

Laga yang berkesudahan 3-1 bagi kemenangan The Hammers tersebut, salah satunya berkat blunder fatal Caicedo. Pemain itu menjegal Emerson Palmieri dan berbuah penalti yang diselesaikan sempurna oleh Lucas Paqueta.

Blundernya bagaimanapun akan terus diingat dan akan selalu jadi bahan olok-olokan apabila Caicedo gagal moncer bersama The Blues. Ya, bagaimana bisa pemain termahal yang dibeli dengan drama yang melelahkan, malah tampil buruk. Malu gak sih?

Sumber Referensi : dailymail, sportskeeda, 90min, sportskeeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *