• February 21, 2024

Tanda Kebangkitan Klub-klub Asal Italia?

BolaMilenia.com – Klub sepak bola asal Italia memberikan sinyal berbahaya di Eropa. Hal tersebut dibuktikan dari jumlah wakil mereka di babak semifinal pada tiga kompetisi Eropa di musim ini.

Tercatat ada lima wakil yang berhasil menembus babak empat besar di Liga Champions, Liga Europa, dan Liga Konferensi. Jumlah tersebut jadi yang paling banyak dibanding klub dari negara-negara lainnya.

Lima wakil asal Italia di semifinal kompetisi Eropa merupakan sejarah baru. Sebelumnya, tim asal Negeri Pizza ini tak pernah menempatkan lima wakilnya di babak semifinal kompetisi Eropa di musim yang sama.

Pada kasta tertinggi, yakni Liga Champions, wakil Italia bahkan dipastikan akan berlaga di final. Pasalnya, dua tim asal Kota Milan, Inter dan AC Milan akan berjumpa di babak semifinal.

Kemudian di ajang Liga Europa, bukan tak mungkin All Italian Final akan tercipta. AS Roma akan bertemu Bayer Leverkusen di babak semifinal. Sementara Juventus akan bertarung dengan Sevilla demi satu tiket final.

Satu kompetisi lainnya, yakni Liga Konferensi, ada Fiorentina yang menjadi wakil Italia di babak empat besar. La Viola akan menghadapi wakil asal Swiss, yakni FC Basel.

Lanjutkan Juara di Eropa

AS Roma berhasil menjadi wakil Italia terakhir yang menjadi juara di kompetisi Eropa. I Lupi menjadi yang terbaik pada musim perdana Liga Konferensi pada musim 2021-22 lalu.

Di Liga Champions, tim Italia yang terakhir kali menjadi juara adalah Inter Milan. Gelar tersebut diraih pada musim 2009-10. Sementara di Liga Europa atau Piala UEFA, tim Italia terakhir meraih juara pada musim 1998-99, saat Parma menjadi yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *