• March 4, 2024

Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Juventus Dibantai dan Kehilangan 10 Poin

BolaMilenia.com – Sudah jatuh tertimpa tangga pribahasa yang cocok untuk Juventus saat ini. Bagaimana tidak, Bianconeri dibantai 1-4 oleh Empoli, kemudian harus menerima hukuman pengurangan 10 poin.

Duel Empoli vs Juventus itu tersaji dalam laga pekan ke-37 Liga Italia 2022/23, Selasa (23/5) dini hari WIB. Pada laga yang berlangsung di Stadion Carlo Castellani itu, Bianconeri tidak berdaya.

Empoli bahkan unggul tiga gol lebih dulu melalui brace Francesco Caputo dan satu gol dari Sebastiano Luperto hingga awal babak kedua.

Federico Chiesa memperkecil ketertinggalan di menit ke-85, tetapi Roberto Piccoli kembali menambah gol untuk tuan rumah jelang pertandingan berakhir.

Hukuman 10 Poin Turun Jelang Kick-off Juventus vs Napoli

Juventus vs Fiorentina, Liga Italia 2022-23 - Good Word News
Good Word News

Kekalahan itu terjadi tak lama setelah Juventus diberi tahu bahwa mereka terkena pengurangan 10 poin dari Federasi Sepak bola Italia (FIGC).

Sanksi itu dijatuhkan terkait kasus aktivitas manipulasi finansial dan nilai transfer yang sebelumnya sempat membuat Si Nyonya Tua dipotong 15 poin, tetapi belakangan hukuman itu dicabut.

Hal itu karena Collegio di Garanzia menilai tidak menemukan alasan kuat dari FIGC untuk pemberian hukuman pengurangan poin tersebut bagi Juventus.

Alhasil, setelah hukuman pengurangan 15 poin dibatalkan, persidangan terus berlanjut untuk memperdalam kasus yang menjerat Juventus.

Kini, setelah FIGC menggelar sidang lanjutan pada Senin (22/5/2023) di Roma, Pengadilan Banding Federal menjatuhkan vonis bahwa Juventus bersalah dalam skandal akutansi palsu tersebut.

Jaksa Penuntut FIGC Giuseppe Chine dalam sidang menyarankan agar Juventus dikenakan hukuman pengurangan 11 poin, tetapi panel menanggapi dengan pengurangan 10 poin.

Situasi tersebut membuat Juventus yang sempat menduduki urutan dua klasemen kini turun ke posisi ketujuh alias di luar zona Liga Champions.

Mereka mengoleksi 59 poin, tertinggal satu poin dari AS Roma yang menghuni peringkat terakhir kualifikasi Eropa di urutan keenam dan terpaut lima poin dari AC Milan di urutan keempat dengan dua pertandingan tersisa.

“Merangkum satu musim di malam seperti ini adalah pernyataan yang meremehkan,” kata pelatih Juve Massimiliano Allegri dikutip dari Reuters.

“Itu adalah situasi yang aneh, 10 menit sebelum pertandingan, kalimat itu keluar.”

“Juventus terbiasa menang, kami harus merapatkan barisan. Ada enam poin untuk diperebutkan dan Milan tiba pada hari Minggu.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *