• March 2, 2024

Shin Tae-yong Akui Timnas Indonesia Belum Sempat Latihan Taktik

BolaMilenia.com – Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan 1-2 dari Libya dalam uji coba yang digelar di Stadion Titanic Mardan, Antalya, Turki, Jumat (5/1). Menurut pelatih Shin Tae-yong, timnya selama di Turki belum sempat menerapkan latihan taktik dan lebih fokus ke fisik.

Bagi Indonesia, hasil pada laga kemarin menjadi kekalahan kedua dari Libya setelah sebelumnya 0-4 pada Selasa (2/1). Merespons kekalahan tersebut, STY mengatakan selama pemusatan latihan (TC) di Turki sejak 21 Desember 2023, para pemainnya lebih sering berlatih fisik.

Hal ini dinilai berpengaruh terhadap apa yang ditampilkan Timnas di atas lapangan saat pertandingan. Namun, secara permainan, malam ini Skuad Garuda tampil lebih baik dengan beberapa kali berhasil memberikan ancaman ke pertahanan Libya, bahkan satu di antaranya berbuah menjadi gol.

“Memang selama di Turki kita sudah latihan fisik, tanpa bisa latihan taktik. Jadi satu hari sebelum pertandingan saja latihan taktik sebentar,” kata Shin Tae-yong, seperti dikutip dari laman PSSI.

Shin Tae-yong Uji Formasi untuk Piala Asia 2023

Pratama Arhan, Timnas Indonesia vs Libya - PSSI
PSSI

Dalam laga tersebut, STY menguji formasi yang akan dia pakai saat melakoni partai pertama di Grup D Piala Asia 2023 melawan Irak, Senin (15/1). Dengan demikian, kemungkinan besar starter yang diturunkan nanti tidak akan jauh berbeda.

“Memang dalam laga ini saya gunakan formasinya untuk antisipasi lawan Irak, dan semua pemain bekerja keras. Di luar dari hasilnya, saya puas atas performa pemain malam ini,” ucap Shin Tae-yong lagi.

Setelah ini, Timnas Indonesia akan bertolak ke Qatar untuk melanjutkan persiapan sebelum Piala Asia 2023 dimulai pada 12 Januari mendatang. Skuad Garuda juga masih menyisakan satu uji coba terakhir melawan Iran di Qatar, Selasa (9/1).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *