• March 4, 2024

Pemain Italia Terbaik yang Pernah Berkarir di Premier League

BolaMilenia.com – Tak banyak pemain Italia yang berkarir di Premier League. Mereka lebih banyak menjalani karir di kompetisi Italia. Kalaupun ada, hanya sedikit yang berhasil. Di era sekarang, bisa dibilang hanya Jorginho pemain asal Italia yang sukses di Premier League.

Pemain Arsenal itu cukup sukses bersama Chelsea. Ia mempersembahkan banyak gelar untuk klub yang bermarkas di Stamford Bridge tersebut. Salah satu torehan terbaiknya bersama The Blues adalah saat menjuarai Liga Champions pada musim 2020/2021.

Tidak hanya gelar di level klub, Jorginho juga pernah meraih penghargaan pemain terbaik UEFA pada 2021. Penghargaan ini ia dapat setelah mempersembahkan gelar juara Liga Champions untuk Chelsea dan Piala Eropa untuk Timnas Italia.

Sebelum era Jorginho, ada beberapa pemain asal Italia lainnya yang pernah bersinar di Premier League. Siapa saja mereka? Simak penjelasan berikut!

Pemain Italia yang Berkarir di Premier League

Gianfranco Zola

Gianfranco Zola merupakan salah satu pemain asal Italia yang cukup sukses di tanah Britania. Saat berkarir di Premier League, Zola hanya membela Chelsea. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini bergabung dengan The Blues sejak musim 1996/1997 hingga musim 2002/2003.

Gianfranco Zola/Chelsea Football Club

Selama tujuh musim berkarir di Stamford Bridge, Gianfranco Zola mencatatkan 229 penampilan. Catatan ini membuatnya menjadi salah satu pemain Italia dengan penampilan terbanyak di Premier League. Selama berseragam The Blues, Zola juga mencetak 59 gol dan 42 assist. Ia juga pernah dua kali menjadi Player of the Month.

Paulo Di Canio

Pada periode 1990an akhir hingga 2000an awal, nama Paulo Di Canio cukup dikenal di Inggris. Ia merupakan salah satu pemain Italia yang produktif di Premier League saat itu. Selama berkarir di Premier League dari musim 1997/1998 hingga 2003/2004, Di Canio berhasil mencetak 66 gol dan 49 assist.

Paolo Di Canio/West Ham United

Selama delapan musim berkarir di Inggris, Di Canio bermain di tiga klub berbeda, yakni Sheffield Wednesday, West Ham United, dan Charlton Athletic. Di ketiga klub tersebut, Di Canio tampil sebanyak 190 kali.

Roberto Di Matteo

Selain Gianfranco Zola, bintang Italia lainnya yang pernah bermain di Chelsea adalah Roberto Di Matteo. Di Matteo mulai berkarir di Chelsea pada musim 1996/1997. Ia menjalani karir selama lima musim bersama The Blues dan mencatatkan 119 penampilan dengan 15 gol dan 13 assist.

Setelah memutuskan pensiun sebagai pemain, Roberto Di Matteo sempat kembali ke Stamford Bridge sebagai pelatih. Saat itu ia berhasil mempersembahkan gelar juara Liga Champions pertama untuk Chelsea.

Fabrizio Ravanelli

Karir Fabrizio Ravanelli di Premier League tidaklah panjang. Total pemain yang berposisi sebagai penyerang ini hanya bermain selama dua musim di Premier League, yakin bersama Middlesbrough di musim 1996/1997 dan Derby County musim 2001/2002.

Meski singkat, namun kehadiran Ravanelli cukup menyita perhatian. Ia tampil sebanyak 64 kali dengan torehan 25 gol dan 7 assist.

Gianluca Vialli

Pada periode 1990an akhir, Chelsea cukup akrab dengan pemain berpaspor Italia. Selain Zola dan Di Matteo, The Blues juga memiliki Gialuca Vialli. Vialli berseragam Chelsea sejak musim 1996/1997 hingga musim 1998/1999.

Meski karirnya di Chelsea tidak sepanjang dua pemain Italia lainnya, namun Vialli mampu memberikan kontribusi positif untuk The Blues. Gianluca Vialli tampil sebanyak 58 pertandingan di Premier League dan mencetak 21 gol serta 11 assist.

Mario Balotelli

Mario Balotelli/Sky Sports

Beberapa musim sebelum Jorginho datang ke Premier League, Italia punya satu pemain bintang yang berkarir di Premier League. Pemain tersebut adalah Mario Balotelli. Super Mario sempat membela dua tim besar Inggris, yakni Liverpool (2014-2016) dan Manchester City (2010-2013).

Penampilan terbaik Balotelli di Liga Inggris adalah saat berseragam Man City. Ia sukses mempersembahkan trofi Liga Inggris musim 2011/2012. Di musim tersebut ia juga tampil produktif dengan mengemas 13 gol dari 23 laga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *