• March 4, 2024

Mengapa Darah Irlandia Banyak Mengalir di Pemain Termahal Inggris?

Fenomena pemain keturunan di dunia sepakbola kerap terjadi. Tak terkecuali di Inggris Raya. Tak dipungkiri Inggris sebagai sebuah negara, dalam sejarahnya kerap dipenuhi para imigran yang lalu lalang dari berbagai negara.

Nah, sebagai bagian dari Britania Raya, tak heran jika dalam diri para pemain sepakbola asal Inggris banyak mengalir darah keturunan dari negeri tetangga seperti Wales, Irlandia, maupun Skotlandia. Tak jarang dari mereka, meski punya darah keturunan, tapi malah lebih memilih berpaspor Inggris. Seperti apa yang terjadi pada Declan Rice maupun Grealish.

Hubungan Rivalitas Inggris dan Irlandia

Hubungan antarnegara Britania Raya jika dilihat dari sejarahnya, juga tercium bau-bau rivalitas. Seperti apa yang terjadi dengan Irlandia dan kerajaan Inggris. Irlandia telah lama menjadi korban imperialisme Inggris. Irlandia adalah salah satu daerah koloni Inggris.

Kaum Katolik Irlandia telah lama didiskriminasi dan ditaklukkan oleh Inggris. Berbeda dengan kaum Kristen Protestan dari Skotlandia dan Irlandia Utara, yang malah diberikan otonomi khusus oleh Inggris.

Perang yang pecah karena pemberontakan kaum Katolik Irlandia, kemudian membuahkan hasil yakni kemerdekaan rakyat Irlandia atas Inggris pada tahun 1921 lewat sebuah perjanjian.

Kaum Imigran Irlandia

Pasca merdeka tak serta-merta membuat warga Irlandia makmur. Mereka tak bergantung lagi pada Inggris. Akhirnya, banyak warga yang kesusahan untuk hidup. Maka dari itu, dimulailah gelombang arus imigran yang eksodus ke Inggris.

Tujuannya cuma satu, yakni mencari penghidupan dan mata pencaharian yang layak. Kaum imigran Irlandia tak jarang yang menempati pos-pos strategis di berbagai sektor pekerjaan di Inggris. Lama kelamaan mereka mudah membaur dengan warga sekitar dan perlahan memiliki pengaruh.

Jack Grealish dan Declan Rice

Banyak imigran asal Irlandia yang memilih untuk menetap di berbagai kota di Inggris dan melanjutkan keturunannya. Inilah yang kemudian melahirkan orang-orang Inggris dengan garis keturunan Irlandia.

Seperti halnya para pemain sepakbola Inggris sekarang seperti Harry Maguire, Michael Keane, Harry Kane, Jude Bellingham, Jack Grealish, maupun Declan Rice. Namun, dua yang paling banyak dibicarakan adalah Jack Grealish dan Declan Rice. Pasalnya, dua pemain termahal asal Inggris itu pernah membela tim muda Irlandia saat berusia di bawah 21 tahun.

Declan Rice punya darah Irlandia yang mengalir dari kakek-neneknya yang berasal dari kota Cork. Sedangkan Grealish bahkan langsung dari darah ibunya yang merupakan kelahiran Irlandia.

Memanfaatkan peraturan terbaru FIFA tentang pemain yang punya dua kewarganegaraan yang berlaku sejak 2020, Grealish dan Rice pun bisa pindah haluan ke Timnas Inggris dengan mudah.

Grealish pernah bermain di level usia muda Timnas Irlandia dan belum pernah membela timnas senior. Sementara Rice, baru punya tiga caps bersama timnas senior Irlandia, itu pun bukan di laga resmi yang kompetitif. Keduanya juga ternyata diam-diam sudah mengantongi kewarganegaraan Inggris saat masih jadi bagian dari Timnas Irlandia.

Bellingham dan Kane

Selain Grealish dan Rice, ada juga pemain mahal Inggris lainnya yang baru ditebus Real Madrid, Jude Bellingham. Ada juga pemain terbaik Spurs yang jika dijual juga akan bernilai mahal, Harry Kane.

Darah Irlandia Jude Bellingham menurut asal-usulnya, berasal dari orang tua ayahnya yang berasal dari Kota Dublin. Ayahnya Mark Bellingham, juga sempat memposting ketika Bellingham kecil yang sering dicekoki hal-hal yang berbau Irlandia.

Sampai-sampai Bellingham kecil sempat difoto dengan menggunakan baju timnas Irlandia. Tentu itulah harapan ayahnya Bellingham, agar kelak anaknya itu bisa membela Timnas Irlandia. Sayangnya itu tak terjadi, meski banyak tawaran, Bellingham ternyata tak pernah sempat untuk berseragam Timnas Irlandia sejak muda.

Begitu pula dengan Harry Kane. Kane sebenarnya punya kesempatan memilih kewarganegaraan ketika ia punya darah keturunan Irlandia dan Inggris. Darah Irlandia Kane berasal dari ayahnya yang ternyata kelahiran Kota Galway, Irlandia.

Tanggapan Warga Irlandia

Berbeda dengan Kane dan Bellingham, Declan Rice dan Jack Grealish justru ketika memilih membela Timnas Inggris, mereka berdua mendapat beberapa intimidasi dari publik Irlandia. Keputusan Grealish dan Rice itu membuat banyak pihak di Irlandia sempat kecewa dan kaget.

Bahkan seperti dilansir Mirror, sampai-sampai Declan Rice menerima ancaman pembunuhan. Pemain baru Arsenal itu diteror lewat telepon dan media sosial. Tak hanya dia seorang, namun semua anggota keluarganya. Ibunya pun merasa panik dan khawatir tentang kejadian itu. Namun Rice mengaku tak takut. Menurutnya, kalau sudah menyangkut keluarganya, ia tak akan tinggal diam dan akan berani menantangnya, siapa pun itu.

Resiko dan Jaminan

Dalam memilih Inggris daripada Irlandia, tentu Rice dan Grealish sudah punya alasan yang kuat. Kalau alasanya karena sepakbola Inggris lebih baik dari sepakbola Irlandia, sepertinya itu mutlak adanya.

Namun di balik pilihan itu ada sebuah resiko yang akan ditanggung mereka. Ya, mengingat persaingan untuk masuk di timnas Inggris itu tak mudah. Semakin banyak pemain yang berkualitas dari Inggris, semakin sulit pula kans mereka untuk dipanggil timnas. Tapi bagi Grealish dan Rice, itu adalah pilihan yang sudah penuh dengan pertimbangan.

Termasuk jaminan eksposur dan benefit yang akan diterimanya. Ya, meski Inggris sudah kelebihan pemain berbakat, mereka tetap menjamin para pemain keturunan untuk memilih membela timnas.

Kalau dirasa dibutuhkan tim, para keturunan juga berhak dan mempunyai kesempatan yang sama seperti warga Inggris lainnya. Jaminan keramahan para pemain keturunan itulah, yang juga menyakinkan Grealish dan Rice untuk memilih Inggris.

Pilihan Tepat

Masalah kewarganegaraan memang adalah pilihan personal dan tak ada yang bisa menggugatnya. Dari apa yang terjadi pada Rice dan Grealish, meski banyak penentangan, para keturunan Irlandia itu bisa membuktikan kualitasnya untuk bersaing.

Ibaratnya nih, bisa saja Rice dan Grealish tetap berkewarganegaraan Irlandia, toh ia pasti otomatis akan masuk Timnas Irlandia, dan bahkan jadi bintang. Namun justru setelah pilihan pindah kewarganegaraan, kini telah menempatkan Rice dan Grealish sebagai bintang yang disegani di negara sepakbola sebesar Inggris.

Inggris dan Irlandia bagaimanapun merupakan dua negara yang dekat secara historis dan teritorial. Selain itu, mereka juga menyimpan ketegangan dalam sejarahnya. Meski orang Irlandia memiliki sentimen tersendiri pada Timnas Inggris, namun nyatanya tak sedikit kok dari mereka yang tetap menggemari dan mengikuti sepak terjang sepak bola inggris.

Rice, Grealish, Bellingham, Kane, Maguire, adalah beberapa contoh dari pemain keturunan Irlandia yang sukses memilih Inggris sebagai tempat untuk mengabdi. Jika melihat kesuksesan dan harga mahal para pemain tersebut, sebenarnya ada sedikit rasa bangga bagi sebagian masyarakat Irlandia. Paling tidak, ada darah Irlandia yang mengalir di tubuh para pemain termahal Inggris.

Sumber Referensi : goal, talksport, mirror, irishsport, irishcentral

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *