• March 4, 2024

Media Thailand Sebut Akira Nishino Gantikan Indra Sjafri

BolaMilenia.com – Salah satu media Thailand menyebutkan bahwa pelatih asal Jepang Akira Nishino akan menjadi Direktur Teknik PSSI. Mantan pelatih Timnas Jepang itu akan menggantikan posisi Indra Sjafri.

Kabar ini muncul setelah Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bertemu dengan Presiden Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA), Tashima Kohzo di Jepang pada Senin (22/5/2023). Pertemuan tersebut menelurkan tiga poin kerja sama, yakni terkati benchmarking Liga Indonesia, pengembangan sepak bola putri, dan perwasitan.

“Terdapat laporan bahwa Akira Nishino, mantan pelatih Timnas Thailand akan duduk di kursi baru direktur teknik asosiasi sepak bola Indonesia,” tulis media Thailand Thairath.

Nama Akira Nishino bukanlah nama baru di persepakbolaan Jepang. Saat masih menjadi pemain, ia pernah memperkuat Tim Nasional Jepang. Ia bahkan pernah menjabat sebagai pelatih kepala Timnas Jepang pada Piala Dunia 2018.

Sebelum melatih tim senior Jepang, Nishino juga dipercaya sebagai pelatih Timnas Jepang U-20 dan U-23. Tidak hanya di level tim nasional, pria berusia 68 tahun ini juga memiliki karir pelatih yang cukup panjang di level klub.

Nishino pernah menjadi bagian dari Kashiwa Reysol, Gamba Osaka, Vissel Kobe, dan Nagoya Grampus. Di Kashiwa Reysol dan Gamba Osaka ia sempat menorehkan beberapa prestasi.

Pada tahun 2019, Nishino merantau ke Thailand. Ia dipercaya untuk menjadi pelatih tim senior dan U-23 Thailand. Sayangnya Nishino gagal persembahkan gelar untuk Thailand. Tahun 2021 kontraknya pun diputus.

PSSI Cari Dirtek Baru

Tidak lama setelah Timnas U-22 Indonesia menjuarai SEA Games 2023, Ketum PSSI, Erick Thohir memastikan bahwa Indra Sjafri akan melepas jabatannya sebagai Dirtek PSSI. Pelatih asal Sumatera Barat itu akan fokus menangani Timnas U-23 Indonesia.

Namun, sejauh ini belum ada nama baru yang akan mengisi posisi tersebut. Erick Thohir sempat menyampaikan bahwa Direktur Teknik PSSI akan diambil dari luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *