• March 4, 2024

Ivar Jenner dan Rafael Struick Ambil Sumpah WNI Usai Lebaran

BolaMilenia.com – Ivar Jenner dan Rafael Struick dijadwalkan mengambil sumpah sebagai Warga Negara Indonesia alias WNI setelah lebaran. Sebab, proses keduanya sudah hampir rampung.

Hal ini seperti disampaikan oleh Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga terkait status Ivar Jenner dan Rafael Struick. Sementara satu pemain lagai Justin Hubner batal karena ada permintaan yang tak bisa dipenuhi PSSI.

Sebelumnya, Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner merupakan pemain keturunan yang direkomendasikan pelatih Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi, guna membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Namun, ajang tersebut batal terselenggara di Indonesia.

Kemudian, PSSI mempertegas komitmen keduanya setelah proses naturalisasi mereka disetujui Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) dari Komisi III dan Komisi X.

Rafael Struick - PSSI
PSSI

Dengan batalnya Justin Hubner, maka proses naturalisasi Rafael Struick dan Ivar Jenner memasuki tahap persetujuan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melalui keputusan Presiden (Keppres).

“Kami sudah bersurat ke Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga). Nanti, kemenpora akan bersurat ke Kemensetneg (Kementerian Sekretariat Negara) untuk memproses Jenner dan Struick agar diurus administrasi dan disumpah,” ujar Arya.

“Kami harus membuat surat pemberitahuan lagi sebab awalnya kan tiga pemain, tapi satu pemain tidak jadi,” lanjutnya.

Setelah Keppres keluar, ketiganya baru bisa dilantik oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI. Lalu, ketiganya harus berpindah federasi, baru bisa membela Timnas Indonesia.

“Kemungkinan dilantik setelah Lebaran,” tambah Arya.

Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner Sejatinya Disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner merupakan pemain keturunan yang direkomendasikan pelatih Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi, guna membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Namun, ajang tersebut batal terselenggara di Indonesia.

Setelah melakukan negosiasi Ivar Jenner dan Rafael Struick tetap mau menjadi WNI. Sementara Justin tidak dilanjut karena disebut ada permintaan yang tak dapat disetujui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *