• March 5, 2024

Final Liga Konferensi: Siapa Bakal Buka Puasa Gelar?

BolaMilenia.com – Liga Konferensi akan memainkan partai final pada Kamis (8/6) dini hari WIB. Duel antara Fiorentina vs West Ham akan menjadi pertandingan yang akan mengakhiri puasa gelar bagi kedua tim. Lantas, siapa bakal juara?

Fiorentina terakhir kali bisa meraih gelar juara terjadi pada musim 2000-01. Ketika itu, La Viola berhasil meraih trofi Coppa Italia, setelah mengalahkan Parma dengan agregat 2-1.

Di musim ini Fiorentina sebenarnya bisa saja meraih gelar di Coppa Italia. Sayangnya, di partai final mereka harus mengakui keunggulan Inter Milan, setelah menelan kekalahan tipis 1-2 pada akhir Mei lalu.

Sementara itu di pentas Eropa, Fiorentina tercatat baru sekali menjadi juara. Yakni di ajang Piala Winners tahun 1961. Waktu itu, Fiorentina menang atas wakil Skotlandia, Rangers dengan agregat 4-1.

Bagi West Ham United, trofi terakhir yang mereka menangi adalah gelar di kasta kedua sepak bola Liga Inggris. Yaitu ketika menjadi juara play-off Divisi Championship pada tahun 2012, untuk menyegel tiket promosi ke Premier League.

Di pentas Eropa, terakhir kali West Ham bisa menjadi juara terjadi di tahun 1999. Serupa dengan Fiorentina, West Ham menjadi juara di turnamen yang sekarang sudah tak ada, yakni Piala Intertoto setelah menang agregat 3-2 atas wakil Prancis, Metz.

Juara Juga Berarti Tiket Tampil di Eropa Musim Depan

Tak hanya berbuah trofi, duel Fiorentina vs West Ham di final Liga Konferensi juga punya arti lain. Kedua tim sama-sama mengincar tiket untuk bisa tampil di pentas Liga Europa musim depan.

Baik Fiorentina dan West Ham, sama-sama tak lolos ke kompetisi Eropa musim depan via jalur liga. Fiorentina hanya finis di posisi kedelepan, sementara West Ham mengakhiri musim di posisi ke-14.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *