• March 5, 2024

FAT Diintervensi Pemerintah Thailand, FAT Terancam Sanksi FIFA

BolaMilenia.com – Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) yang diintervensi pemerintah Thailand jelas akan sangat mengkhawatirkan buat sepak bolanya. Sebab sanksi FIFA jelas berada di depan mata.

Presiden FAT, Somyot Poompanmoung, resmi mundur karena intervensi pemerintah Thailand. Desakan untuk Somyot mundur memang sudah terasa akhir-akhir ini. Dimulai dari Penjabat Wakil Perdana Menteri (TPM) Thailand, Prawit Wongsuwon. Wongsuwon, yang menjabat sebagai Ketua Komite Olimpiade Thailand (NOC) kecewa berat timnya kalah dari timnas U-22 Indonesia di final SEA Games 2023.

“Saya sudah katakan sebelumnya, jika tim sepak bola putra gagal meraih medali emas SEA Games, biarkan Presiden FAT mundur. Jadi, saya ingin bertanya apakah dia akan mengundurkan diri atau tidak?,” kata Wongsuwon dikutip Siam Sport.

Insiden baku hantam Timnas U-22 Indonesia vs Thailand - Istimewa
Istimewa

Dikutip dari Thai Post, mundurnya Somyot Poompanmoung itu lebih karena tekanan pemerintah setempat yang kesal dengan kejadian di final SEA Games 2023. Sebab selain kalah dari Indonesia, para pemain Thailand juga adu pukul di atas lapangan.

FAT Terancam Hukuman

Mundurnya Somyot sendiri memunculkan kekhawatiran dari para pendukung Thailand. Sebab, keputusan itu diambil olehnya atas desakan dari Wongsuwon yang merupakan Wakil Perdana Menteri Thailand. Sanksi FIFA jelas menanti karena memang tak boleh ada anggotanya yang dicampuri pemerintah.

“Pengunduran diri Somyot atas desakan Prawit Wongsuwan bisa membuat sepak bola Thailand terkena sanksi FIFA, yang punya peraturan jelas mengenai sebuah asosiasi sepak bola tidak boleh mendapat gangguan dari luar atau politik,” tulis Thai Post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *