• February 21, 2024

Dibuat Kaget Setelah Ten Hag Merestui Mason Mount Pakai Nomor 7 di Man United! Yakin Kebal Kutukan?

Tak banyak nomor punggung dalam dunia sepak bola yang seikonik dan sesakral nomor 7 di Manchester United. Sebuah tradisi yang kalau ditarik mundur bisa ke era sebelum Premier League ada. Dan karena tradisi itulah nomor ini jadi nomor yang keramat di Old Trafford. Ekspektasi fans akan tinggi kepada para pemain yang berani menggunakan nomor ini.

Setelah Ronaldo pindah ke Liga Arab di pertengahan musim kemarin, nomor 7 jadi tak ada yang memiliki. Sampai akhirnya Mason Mount datang sebagai pembelian pertama setan merah di bursa transfer musim panas ini.

Mount Si Nomor 7 Yang Baru

Mount dibeli dari Chelsea dengan total biaya transfer mencapai 60 juta pounds. Ia menandatangani kontrak sepanjang lima tahun dengan opsi perpanjangan satu tahun di Old Trafford. Kesepakatan ini membuat sebagian besar fans lega. Sebab negosiasi Mount berjalan alot dan lama.

Fans setan merah hampir khawatir mereka tidak bisa mendapatkan jasa Mount. Apalagi setelah kabarnya ia sudah ditawari perpanjangan kontrak di Chelsea. Tapi Mount lebih memilih hengkang. Ia ragu kalau dirinya masuk kedalam rencana pelatih anyar the blues ,Pochettino musim depan.

Publik Old Trafford pun lega Mount memilih untuk datang ke Manchester merah. Juga lega akhirnya MU bisa mengamankan tanda tangan pertama di bursa transfer musim panas ini. Tapi rasa lega itu tak berlangsung lama. Publik Old Trafford kembali dibuat khawatir setelah mengetahui Mount memilih nomor punggung 7.

Di Chelsea, Mason Mount memakai nomor punggung 19. Tapi di Manchester United, nomor tersebut sudah jadi milik Raphael Varane. Mount juga sebenarnya pernah memakai nomor punggung 8 saat masih jadi pemain pinjaman di Derby County dan Vitesse Arnhem. Tapi seperti yang sudah diketahui, Bruno Fernandes sudah memakai nomor tersebut. Jadi memang yang tersisa sebenarnya adalah nomor 7.

Manchester United lewat website resmi mereka mengumumkan hal tersebut pada tanggal 5 Juli kemarin. Disitu mereka menuliskan bahwa ini akan jadi kali pertama Mount mengenakan nomor 7 dalam karir seniornya.

“Gelandang serba bisa ini secara resmi telah menandatangani kontrak dengan Manchester United. Dan sekarang kami mengkonfirmasi bahwa Mount akan mengenakan nomor 7 yang ikonik di United. Mason sebelumnya telah memakai nomor punggung ini selama di Chelsea U-23 dan untuk Inggris. Ini akan jadi kali pertamanya menggunakan nomor ini di karir klub senior”

Alasan Mount Mau Kenakan Nomor 7

Mason Mount sebenarnya mengaku lebih cocok sebagai nomor 8, yang juga merupakan posisinya di lapangan. Tapi ia tidak bisa menampik kalau para pemain nomor 7 di Manchester United lah yang menginspirasi dirinya sebagai pesepakbola profesional.

Akhir-akhir ini juga terkuak video Mount yang masih jadi pemain akademi Chelsea berlatih menendang free kick ala Cristiano Ronaldo. Mount mengaku kalau itu ia lakukan setelah melihat langsung aksi Ronaldo di pertandingan MU lawan Portsmouth

“Saya menonton di Old Trafford saat itu untuk mendukung Portsmouth tapi saya malah melihat momen spesial Ronaldo itu. Melihat momen spesial di Old Trafford, membuat saya sangat kagum”

Mount kemudian melanjutkan, dirinya juga terinspirasi dari pemain Manchester United lain yang bernomor punggung 7. Orang itu adalah David Beckham. Ia merasa tumbuh dengan menyaksikan tendangan bebas Beckham jadi inspirasinya.

Becks juga inspirasi terbesar saya, tumbuh sebagai pemain yang menyaksikan tendangan bebasnya.. Saya benar-benar kagum dengan tekniknya” Ungkap Mount.

Nomor 7 di Manchester United memiliki kedekatan emosional untuk Mount. Erik Ten Hag sudah tahu itu sejak sebelum Mount pindah ke United. Bahkan Ten Hag lah yang menawari Mount untuk mengenakan nomor 7.

Erik Ten Hag menawarkannya saat ia masih berdiskusi dengan Mount soal kepindahannya. Ten Hag berpikir memasukkan jersey nomor 7 kedalam tawaran bisa meningkatkan minat Mount untuk pindah ke MU. Selain itu juga menunjukan kalau Mount adalah pemain penting dan vital untuk Ten Hang nantinya.

“Tidak pernah mudah meninggalkan klub masa kecil. Tapi Manchester United menyediakan tantangan baru untuk lebaran baru dalam karir saya. Berkompetisi melawan mereka membuat saya sadar bagaimana kuatnya Manchester United. Dan semua orang bisa melihat bagaimana klub ini mengalami perkembangan pesat dibawah Erik Ten Hag” Ucap Mount.

Para Legenda United Bernomor 7

Nomor 7 itu memang punya kedekatan emosional untuk Mason Mount. Mount juga sudah dapat restu langsung dari Erik Ten Hag untuk memakai jersey legendaris ini. Bahkan Ten Hag sendiri yang menawarinya. Tapi apakah itu cukup untuk menangkal kutukan yang dibawa olehnya?

Nomor 7 di Old Trafford selalu dipakai oleh pemain-pemain hebat. Tradisi ini diyakini diawali oleh George Best yang bermain di tahun 1960-an. Tapi Best tidak terlalu menganggap penting nomor 7. Ia pernah mengenakan nomor 8, 9, 10, bahkan 11 saat di MU.

Legenda setelahnya yang menggunakan nomor tersebut adalah Bryan Robson. Ia jadi gelandang dan pemimpin terbaik yang pernah setan merah miliki. Nomor 7 setelahnya dipakai oleh Eric Cantona. Kedatangan Cantona menandakan era dominasi United di Liga Inggris.

Setelah Cantona, nomor 7 diwariskan kepada David Beckham. Beckham adalah lulusan akademi United. Itu membuatnya semakin dicintai oleh para fans. Setelah Beckham pindah ke Real Madrid, Sir Alex pun membawa bocah dari Portugal untuk jadi pemilik nomor 7.

Bocah itu adalah Cristiano Ronaldo yang saat itu masih berusia 18 tahun. Ia menggunakan nomor 7 dengan bangga. Meskipun di awal-awal karir Ronaldo banyak menerima kritik, tapi Ronaldo tumbuh jadi pemain terbaik di dunia. Sampai akhirnya ia pindah ke Real Madrid di tahun 2009. Sejak saat itulah nomor 7 belum punya pemilik yang ikonik lagi.

Kutukan Nomor 7

Banyaknya pemain legenda yang menggunakan nomor 7 menjadikan beban tersendiri bagi para pemain yang mengenakannya. Apalagi MU semakin terobsesi dengan branding nomor 7. Setan Merah bahkan mematenkan kalimat “Nomor 7 di Old Trafford” sebagai kekayaan intelektual di tahun 2017.

Tepat setelah Ronaldo, nomor 7 diberikan kepada legenda Inggris, Michael Owen yang gagal di Real Madrid. Karena memang masanya sudah habis, Owen tidak terlalu berbuat banyak di Old Trafford. Ia tetap jadi pemain favorit beberapa fans tapi masih jauh disebut sebagai legenda United.

Setelah itu, Nomor 7 tidak lagi jadi beban tapi sudah berubah jadi kutukan. Pemain yang mengenakan nomor 7 dinilai bakal harus bekerja 100 kali lebih keras hanya untuk tidak gagal. Antonio Valencia contohnya, ia sempat mengenakan nomor 7. Tapi setelah performanya menurun, ia memilih kembali mengenakan nomor 25.

Kemudian Di Maria, Memphis Depay, Alexis Sanchez menggunakan nomor itu secara bergantian. Mereka adalah pemain fenomenal sebelum di United. Tapi benar-benar jadi flop setelah mengenakan nomor 7 di Old Trafford. Kemudian bisa bangkit lagi jadi pemain top setelah pindah klub.

Mungkin hanya Edinson Cavani yang paling mending. Tapi tetap saja, Cavani kasusnya sama seperti Owen. Bahkan saat Ronaldo kembali ke Old Trafford untuk menggunakan nomor 7, ia terkena kutukannya sendiri. Ronaldo tak bisa penuhi ekspektasi sampai harus pindah ke Liga Arab. Lalu, yakinkah Mason Mount bisa menghindari kutukan itu?

Sumber refernsi: Athletic, Mirror, Daily, Metro, Man United, 90min, The Manc, GMS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *