• March 4, 2024

Daftar Pemain Timnas Indonesia 2023 Berkarir di Luar Negeri

BolaMilenia.com – Cukup banyak daftar pemain Timnas Indonesia 2023 yang masih berkarir di luar negeri. Ada yang berkarir di Asia dan ada pula yang bermain di klub Eropa.

Sebagian besar dari mereka menjadi pilihan utama di klub. Namun ada juga yang masih berusaha untuk bisa mendapatkan kepercayaan pelatih dan menit bermain yang lebih banyak. Siapa saja pemain Timnas Indonesia yang berkarir di luar negeri? Simak ulasan berikut.

Daftar Pemain Timnas Indonesia 2023 yang Berkompetisi di Luar Negeri

Elkan Baggott

Elkan Baggott

Sebelum memilih menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), Elkan Baggott sudah berkarir di luar negeri, tepatnya di Inggris. Saat ini pemain berusia 20 tahun tersebut menjadi bagian dari klub Cheltenham Town FC. Ia berstatus pemain pinjaman dari Ipswich Town. Baggott bergabung dengan tim ini pada bursa transfer Januari 2023.

Pratama Arhan

Pratama Arhan merupakan pemain dari Tokyo Verdy. Saat ia sudah memasuki musim kedua berseragam tim tersebut. Musim pertama bersama Tokyo Verdy, Arhan belum mendapatkan banyak menit bermain. Ia hanya tampil satu kali dan hanya satu babak.

Sebelum melanjutkan karir di Tokyo Verdy, mantan pemain PSIS Semarang ini sempat membuka opsi untuk dipinjamkan ke klub lain. Namun, opsi tersebut tidak terealisasi dan ia tetap main di Tokyo Verdy.

Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam

Sejak Februari 2021, Asnawi Mangkualam memulai karir di Korea Selatan bersama klub Ansan Greeners. Musim pertama di klub kasta kedua Korea Selatan tersebut, Asnawi mampu tampil baik dan mendapat banyak menit bermain.

Di musim selanjutnya, mantan pemain PSM Makassar tersebut terus mendapatkan kepercayaan, bahkan ia menyumbang 2 gol dan 2 assist di musim tersebut. Saat ini Asnawi melanjutkan karirnya di Jeonnam Dragons. Ia bergabung pada Januari 2023.

Jordi Amat

Jordi Amat

Saat ini Jordi Amat merupakan pemain Johor Darul Takzim. Ia pindah ke klub Liga Malaysia tersebut pada Juli 2022. Sebelum berkarir di Malaysia, pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini banyak menghabiskan karir di liga-liga Eropa, seperti seperti Liga Inggris dan Liga Spanyol.

Sandy Walsh

Sandy Walsh adalah pemain naturalisasi Indonesia. Ia resmi mendapatkan kewarganegaraan Indonesia sejak 17 November 2022. Meski sudah berstatus WNI, Sandy belum menjalani debut bersama Timnas Indonesia. Terakhir ia gagal debut di FIFA Matchday kontra Burundi karena mengalami cedera.

Saat ini Sandy Walsh berstatus sebagai pemain KV Mechelen, sebuah klub di liga utama Belgia. Sandy bergabung dengan KV Mechelen sejak musim 2020/2021.

Shayne Pattynama

Shayne Pattynama

Shayne Pattynama merupakan pemain jebolan skuad muda FC Utrecht. Ia pernah membela FC Utrecht U17, U19, dan U21. Tak sempat masuk skuad utama, Shayne lalu memutuskan pindah ke Telstar.

Dua musim bersama Telstar, ia lalu pindah ke Viking FK pada musim 2020/2021. Sebuah klub yang berkompetisi di Liga Norwegia. Saat ini Shayne Pattynama merupakan salah satu andalan Viking FK di lini belakang.

Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan baru memulai karir di Eropa. Pada 31 Januari 2023 lalu, ia baru bergabung dengan KMSK Deinze, klub kasta kedua Liga Belgia. Saat ini Marselino tengah beradaptasi di sana untuk bisa mendapatkan banyak menit bermain.

Saddil Ramdani

Sama dengan Jordi Amat, Saddil Ramdani saat ini berkarir di Liga Malaysia bersama Sabah FC. Ia bergabung dengan Sabah FC pada Februari 2021. Memasuki musim ketiga di Sabah FC, Saddil Ramdani semakin mendapat kepercayaan di skuad inti Sabah FC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *