• March 2, 2024

Daftar 20 Negara yang Sudah Lolos Selain Jerman

BolaMilenia.com – Sebanyak 20 negara sudah memastikan lolos ke putaran final EURO 2024 melalui jalur kualifikasi. Kroasia menjadi tim terakhir dari 20 negara tersebut yang meraih tiket setelah meraih kemenangan 1-0 atas Armenia pada laga pamungkas di grup D, Rabu (21/11/2023) WIB.

Bagi Kroasia, EURO 2024 akan jadi penampilan keenam mereka di turnamen antarnegara terakbar di Eropa tersebut. Ajang EURO 2024 pun diyakini bakal menjadi momen perpisahan kapten mereka, Luka Modric, yang akan berusia 39 tahun saat turnamen digelar tahun depan.

Sebelum Kroasia, sudah lebih dahulu lolos 19 negara untuk menemani Jerman selaku tuan rumah. Masing-masing adalah 10 lolos sebagai juara grup dan 9 sebagai runner-up. Menariknya, di antara yang lolos sebagai runner-up adalah juara bertahan, Italia.

Timnas Kroasia - UEFA
UEFA

Italia memastikan tiket lolos sebagai pendamping Inggris di grup C setelah menahan imbang Ukraina pada laga terakhir. Meski memiliki poin yang sama dengan Ukraina, Italia berhak berada di urutan kedua klasemen akhir lantaran unggul selisih gol dan head to head dari Ukraina.

Gli Azzurri yang kini dilatih Luciano Spalletti, akan tampil di turnamen ke-11-nya, di mana mereka berhasil dua kali menjadi juara pada 1968 dan 2020. Sialnya, Italia kali ini harus menghadapi turnamen dengan berada di Pot 4 dalam undian babak grup mendatang.

Di antara seluruh 20 negara yang dipastikan lolos tersebut, Portugal jadi satu-satunya yang berhasil mencatatkan hasil sempurna sepanjang kualifikasi. Tim asuhan Roberto Martinez itu meraih 30 poin dari 10 pertandingan yang semuanya berakhir dengan kemenangan.

Selain 20 negara dan Jerman yang sudah dipastikan tampil pada EURO 2024, masih ada tiga slot tersisa yang diambil dari play-off jatah UEFA Nations League. Tiga tiket tersisa itu akan diperebutkan oleh 12 negara.

Ke-12 negara yang akan berpartisipasi pada babak play-off, antara lain Georgia, Yunani, Ukraina, Wales, Polandia, Estonia, Finlandia, Kazakhstan. Lalu ada Israel, Luksemburg, Islandia, dan Bosnia & Herzegovina.

PEMBAGIAN POT UNDIAN BABAK GRUP EURO 2024

EURO 2024 drawing pot
EURO 2024 – UEFA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *