• March 4, 2024

Berita Bola Terbaru 28 Juli 2023

BERITA BOLA TERBARU DAN TERKINI

REAL MADRID LIBAS MU 2-0 DI PRAMUSIM

Real Madrid mampu mengalahkan Manchester United 2-0 dalam laga pra musim di NRG Stadium Texas, Kamis (27/7) siang WIB. Gol Los Blancos lahir lewat dua pemain anyar mereka Jude Bellingham dan Joselu. Jude Bellingham membuka skor bagi Los Blancos di menit 6. Lalu Joselu menambah keunggulan bagi Madrid di menit 90 melalui tendangan salto. 

DEBUT TRAGIS ANDRE ONANA BERSAMA MU

Andre Onana menjalani debut pahit bersama Manchester United. Ia dua kali dibobol oleh gol indah Real Madrid yang dicetak oleh Jude Bellingham dan Joselu. Keputusan Onana untuk maju meninggalkan gawang justru membuat Bellingham bisa mengirim bola dengan mudah ke gawang. Sementara untuk gol Joselu, Onana tidak bisa bereaksi menghadang tendangan tersebut dan hanya terpana menyaksikan bola masuk ke gawang. Onana pun menjadi bahan kritikan oleh netizen di media sosial.

BELLINGHAM PUJI MARTINEZ USAI RIBUT DI MADRID VS MU

Pemain Real Madrid Jude Bellingham memuji bek tengah Manchester United, Lisandro Martinez yang sempat ribut dengan dirinya dalam laga uji coba pramusim, Kamis (27/7). Seusai laga, Bellingham memastikan menaruh respek kepada Martinez. Ini lantaran tukang jagal asal Argentina itu tetap menaruh respek kepadanya setelah insiden tersebut. “Saya tahu apa yang terjadi di lapangan tetap berada di lapangan. Saya respek saat dua pemain mencoba menang untuk tim mereka dan kemudian bisa saling menghormati setelah pertandingan,” kata Bellingham.

DEBUT GOL KARIM BENZEMA BERSAMA AL ITTIHAD

Debut manis ditunjukkan Karim Benzema bersama Al Ittihad. Mantan bintang Real Madrid ini mencetak gol dan assist yang membawa Al Ittihad menekuk klub Tunisia Esperance de Tunis 2-1 di ajang Arab Club Champions Cup, Jumat (28/7) dini hari WIB. Sempat tertinggal lebih dulu, Al Ittihad berhasil balikan keadaan menjadi 2-1 berkat gol Abderrazak Hamdallah yang menerima assist Benzema, dan Benzema itu sendiri yang ikut mengemas gol di menit 55.

DAVID SILVA DAN DIEGO GODIN RESMI GANTUNG SEPATU

David Silva telah mengumumkan pengunduran dirinya dari sepakbola pada usia 37 tahun setelah menderita cedera ligamen anterior. Mantan bintang Manchester City dan Spanyol itu mengakui bahwa ini adalah “hari yang menyedihkan” saat ia gantung sepatu setelah hampir dua dekade berkecimpung di sepakbola profesional. Tidak hanya Silva, Diego Godin, legenda Timnas Uruguay juga pensiun. Mantan bintang Atletico Madrid ini akan gantung sepatu selepas laga akhir pekan mendatang bersama Velez Sarsfield. Hal itu diungkapkan klub Argentina itu, Kamis (27/7).

RESMI JORDAN HENDERSON TINGGALKAN LIVERPOOL

Jordan Henderson resmi tinggalkan Liverpool meski masih memiliki kontrak dua tahun.  Gelandang Inggris ini resmi bergabung dengan klub Arab Saudi, Al Ettifaq dengan kontrak selama tiga tahun ke depan atau sampai 2026. Henderson memilih menerima pinangan Al Ettifaq, yang berani menggaji dia sebesar 700 ribu pounds sepekan (sekitar Rp 13,6 miliar). Pesepakbola berusia 33 tahun itu ditebus Al Ettifaq seharga 12 juta pounds termasuk bonus-bonus (Rp 233,3 miliar). 

XAVI KELUHKAN INTENSITAS ARSENAL, ARTETA MEMBALAS

Permainan Arsenal saat menikam Barcelona 5-3 dikeluhkan Xavi Hernandez. Menurut Xavi, apa yang ditampilkan anak asuh Mikel Arteta tidaklah normal karena terlalu banyak membuat pelanggaran untuk ukuran laga pramusim. “Untuk sebuah pertunjukkan, bagus. Tetapi tidak buat kami para pelatih.” kata Xavi. Namun, Arteta menolak untuk meminta maaf atas intensitasnya meski mengakui para pemainnya memang memberontak terhadapnya karena penonton. “Pada akhirnya, sepak bola adalah milik para pemain,” jawab Arteta.

BARCELONA BOLEH MAIN DI LIGA CHAMPIONS MESKI DIDUGA SUAP WASIT

Barcelona sempat terancam sanksi tak bisa berlaga di Liga Champions 2023/2024 akibat kasus suap wasit. Namun pihak UEFA kini menegaskan bahwa Barcelona tetap diperbolehkan bermain di Liga Champions 2023/2024. Meski demikian, UEFA penyelidikan soal dugaan suap wasit yang dilakukan Barcelona juga akan terus berjalan. UEFA meminta El Barca kooperatif dan terbuka selama penyelidikan. Sanksi tetap bisa diberikan kepada klub asal Catalunya ini jika hasil penyelidikan membuktikan bahwa mereka bersalah.

PSG RESMI AJUKAN TAWARAN UNTUK RASMUS HOJLUND

Paris Saint-Germain saingi klub Liga Inggris, Manchester United, layangkan tawaran resmi ke Atalanta untuk Rasmus Hojlund. Menurut Fabrizio Romano, PSG telah melayangkan tawaran senilai 50 juta euro untuk Rasmus Hojlund sebagaimana juga disebut oleh L’Equipe. Sementara tawaran MU masih lebih tinggi yakni 60 juta euro. Atalanta sendiri menginginkan setidaknya 70 juta euro plus add-ons. Patut kita lihat persaingan dua klub ini untuk mendapatkan Hojlund.

VICTOR OSIMHEN SELANGKAH LAGI BERTAHAN DI NAPOLI

Victor Osimhen dikabarkan akan segera menandatangani kontrak baru dengan Napoli menyusul diskusi intensif antara agen sang pemain, Roberto Calenda, dan pihak klub. Agenda pembicaraan dalam pertemuan tersebut terutama berkisar pada gaji sang pemain dan penyertaan klausul pelepasan dalam kontrak baru. Disinyalir bahwa Napoli ingin membuat pemain asal Nigeria itu selama mungkin di Naples dengan memasang klausul setinggi langit.

AC MILAN SAH MILIKI SAMUEL CHUKWUEZE

AC Milan resmikan Samuel Chukwueze. Chukwueze diangkut AC Milan dari Villarreal dengan tebusan senilai 20 juta euro plus 8 juta euro dalam bentuk bonus. Mahar yang diterima Villarreal dari AC Milan untuk memboyong Samuel Chukwueze tersebut masih ditambah Matteo Gabbia. Gabbia dikirim ke Villarreal dengan kesepakatan peminjaman selama musim 2023/24.

ODION IGHALO MENYERANG CRISTIANO RONALDO

Top Skor Liga Pro Saudi musim lalu, yang bermain untuk Al-Hilal, Odion Ighalo menyebut Ronaldo dan Benzema pindah ke Arab semata-mata karena alasan uang, bukan untuk sepakbola. “Apakah Ronaldo masih bermain karena gairah? Ronaldo telah menghasilkan [uang] 100 kali lebih banyak dari yang saya miliki sepanjang hidup saya, namun sekarang dia pergi ke Arab Saudi. Apakah dia melakukan itu karena hasrat? Itu demi uang, kawan.”

HASIL DRAWING KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026: INDONESIA VS BRUNEI

Timnas Indonesia bakal memulai perjalanan menuju ajang Piala Dunia 2026 mulai ronde pertama. Hasil pengundian ronde pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia telah resmi digelar pada Kamis (27/7). Pada agenda tersebut, Timnas Indonesia akan melawan sesama negara Asean yakni Brunei Darussalam. Duel lawan Brunei bakal digelar dua leg, pada 12 dan 17 Oktober 2023. Pemenang pada laga ini akan melaju ke ronde 2 kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Jika menang atas Brunei, Indonesia sudah ditunggu Irak, Vietnam dan Filipina di ronde 2.

INDONESIA SEGRUP DENGAN KORUT DI ASIAN GAMES

Timnas Indonesia tergabung bersama Korea Utara, Kyrgyzstan, dan Taiwan di grup F, pada ajang Asian Games 2022. Hal ini seusai drawing cabang olahraga (cabor) sepak bola yang dilakukan di Hangzhou, China, Kamis (27/7). Cabor sepakbola Asian Games, yang seharusnya dimainkan pada 2022, ada 23 peserta. 23 peserta dibagi ke dalam enam grup dengan tiap grup berisikan empat negara dan satu grup, yakni Grup D, hanya berisikan tiga.

PSSI DIMINTA BENAHI JIS SESUAI ARAHAN FIFA

Rumput di Jakarta International Stadium (JIS) dipastikan akan dilakukan penggantian. Itu setelah FIFA mengirim surat kepada PSSI yang meminta agar rumput yang sekarang diganti sesuai dengan rekomendasi FIFA. Dalam surat FIFA itu, juga berisi pernyataan bahwa FIFA rencananya bakal berkunjung ke Indonesia untuk mengecek kesiapan delapan stadion yang diajukan sebagai arena Piala Dunia U-17 2023 pada 28 Juli – 2 Agustus 2023.

INTER MIAMI GAGAL DAPATKAN SUAREZ?

Misi Inter Miami mengumpulkan semua mantan pemain Barcelona tampaknya akan menemui kegagalan. Hal itu lantaran target selanjutnya, Luis Suarez memilih bertahan di Gremio ketimbang menyusul Lionel Messi ke Miami. Dilansir ESPN, meski tertarik, Suarez memutuskan untuk bertahan di Brazil setidaknya hingga akhir tahun. Meski begitu, Miami dikabarkan sudah memasukan nama Suarez ke daftar ekstra slot internasional. Jadi, Inter Miami adalah tim MLS yang paling berhak mendatangkan Suarez suatu saat nanti.

PEDRI BERNIAT MAIN DI MLS

Melihat seniornya banyak yang hijrah ke MLS, Pedri mengemukakan pendapatnya tentang kompetisi di Amerika Serikat itu. Dilansir ESPN, menurutnya, MLS adalah liga yang menyenangkan untuk ditonton. Terlebih kini berisikan pemain-pemain hebat macam Lionel Messi dan Sergio Busquets. Jika diberi kesempatan, Pedri sangat berminat bermain di MLS suatu saat nanti.

ARSENAL PERCEPAT PROSES TRANSFER WONDERKID BRAZIL

Setelah mengamankan Declan Rice dan Jurrien Timber, Arsenal sedang berusaha untuk mengamankan tanda tangan bintang muda asal Brazil, Bitello. Dilansir The Sun, Mikel Arteta ingin Arsenal merampungkan transfer pemain berusia 23 tahun itu minggu ini. Kabarnya, The Gunners sudah mencapai kata sepakat dengan klub Bitello, yakni Gremio di angka 6,8 juta pound (Rp132 miliar) untuk memboyongnya.

SPURS LEPAS SANCHEZ KE SPARTAK MOSCOW

Tottenham dikabarkan akan menerima tawaran dari Spartak Moscow untuk salah satu beknya Davinson Sanchez. Dilansir Tribal Football, Spartak kabarnya sudah mengajukan tawaran sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp249 miliar untuk Sanchez. Menurut laporan, manajemen Spartak akan menyelesaikan persyaratan pribadi dengan pemain internasional Kolombia itu minggu ini. 

LUTON PANTAU WONDERKID MANCHESTER UNITED

Tim promosi Liga Inggris, Luton Town dikabarkan sedang mempelajari kemungkinan untuk mendatangkan wonderkid Manchester United, Hannibal Mejbri. Dilansir Tribal Football, Mejbri tampil mengesankan selama pramusim di Amerika Serikat dan dipandang sebagai pemain yang berpotensi mengisi skuad utama United di masa depan. Tapi, usianya yang masih muda membuat manajemen berniat untuk meminjamkannya. Kini Luton jadi yang terdepan untuk meminjam sang pemain. 

WEST HAM INGINKAN GALLAGHER, TAPI…

West Ham United dikabarkan tengah mencari gelandang baru untuk mengisi ruang yang ditinggalkan Declan Rice. Beberapa nama muncul sebagai kandidat tapi pemain Chelsea, Conor Gallagher yang jadi target utama. Dilansir Daily Mail, The Hammers tengah mempersiapkan tawaran sebesar 40 juta pound (Rp776 miliar) kepada Chelsea. Namun, sang pemain tampaknya tak berminat untuk keluar dari Stamford Bridge musim ini. Gallagher berniat untuk memperjuangkan tempatnya di skuad Mauricio Pochettino musim depan.

LAZIO DAN FULHAM BEREBUT HUDSON-ODOI

Cuci gudang Chelsea belum usai. Setelah melepas beberapa pilar utama, The Blues masih ingin menjual dua atau tiga pemain lagi termasuk Callum Hudson-Odoi. Dilansir One Football, Lazio akan menghadapi persaingan serius dari Fulham dalam perburuan mereka untuk mendapatkan Hudson-Odoi. Tapi dari pihak sang pemain belum mengambil sikap apapun terhadap saga transfer ini. Yang pasti, ia hanya menyisakan satu musim dalam kontraknya dengan Chelsea. Jadi, The Blues pasti akan menekan Odoi untuk hengkang musim ini.

ROMA COBA PANTAU CALVERT-LEWIN

Seperti yang diberitakan Football Italia, striker Everton, Dominic Calvert-Lewin masuk dalam radar AS Roma. Menurut laporan, Giallorossi sedang mencari penyerang tengah baru menyusul cedera lutut yang dialami Tammy Abraham pada pertandingan terakhir musim 2022/23. Roma tetap memprioritaskan Alvaro Morata, sedangkan Calvert-Lewin akan jadi plan B apabila Roma tak mencapai kata sepakat dengan Atletico Madrid.

RETEGUI GABUNG GENOA

Teka-teki transfer penyerang muda Timnas Italia, Mateo Retegui terpecahkan. Setelah beberapa kali dikaitkan dengan Inter Milan, Retegui justru bergabung tim Serie A lainnya, Genoa. Dilansir Football Italia, hal itu bisa dilihat dari unggahan media sosial Genoa yang memposting foto Retegui sedang mengangkat jersey Genoa. Tak disebutkan dengan pasti berapa durasi kontraknya, tapi kepindahannya ke Serie A bertujuan untuk memudahkan masuk Timnas Italia dan hanya Genoa yang bisa menjamin menit bermain Retegui.

ALEX MORGAN PERJUANGKAN KESETARAAN GAJI PESEPAKBOLA WANITA

Alex Morgan dari Timnas Wanita Amerika Serikat merefleksikan perjuangan para pesepakbola wanita untuk mendapatkan upah yang setara dengan pesepakbola pria. Dilansir AS, menurut Morgan, pesepakbola Wanita juga harus mendapat apresiasi yang sama dengan pesepakbola pria. Dari segi hal gaji, hadiah kompetisi, hingga tayangan televisi. Morgan siap jadi yang terdepan untuk memperjuangkan hak-hak mereka. Ia berharap sikapnya ini bisa dijadikan pelecut bagi pemain-pemain lain untuk menyuarakan keresahan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *