• March 5, 2024

Berita Bola Terbaru 18 September 2023

BERITA BOLA TERBARU DAN TERKINI 

HASIL PERTANDINGAN

Dari pekan ke-5 Liga Inggris, Chelsea yang tampil dengan seragam baru harus rela berbagi poin di markas Bournemouth setelah hanya mampu bermain imbang skor 0-0 pada Minggu (17/9). Hasil ini memastikan Chelsea terpuruk di papan bawah. Mereka duduk di peringkat 14 dengan koleksi lima poin dalam lima laga, hanya satu angka dan satu tempat di bawah Manchester United.

Di laga lainnya, Arsenal sukses mengalahkan tuan rumah Everton 1-0 di Goodison Park, Minggu (17/9) malam WIB. The Gunners sempat mencetak gol lewat aksi Gabriel Martinelli di babak pertama, tetapi dianulir VAR. Gol kemenangan Arsenal baru tercipta di pertengahan babak kedua lewat aksi pemain pengganti, Leandro Trossard. Berkat hasil ini, Arsenal sukses naik ke posisi empat dengan poin 13 sekaligus meneruskan tren unbeaten mereka di awal musim ini. Sementara itu, Everton terpuruk di peringkat 18 dengan hanya mengoleksi satu angka.

Fiorentina meraih poin penuh saat bermain di kandangnya, Stadio Artemio Franchi, saat menjamu Atalanta dalam pekan ke-4 di ajang Serie A, Minggu (17/9). Mereka menang atas Atalanta dengan skor 3-2. Tiga gol Fiorentina dicetak oleh Bonaventura, Lucas Martinez Quarta, dan Christian Kouame, sedangkan gol Atalanta tercipta berkat Teun Koopmeiners dan Ademola Lookman. Atas hasil ini Fiorentina berada di urutan 7 pada klasemen Serie A. Sedangkan Atalanta di peringkat ke-9.

AS Roma menggilas Empoli tujuh gol tanpa balas dalam lanjutan Liga Italia di Stadion Olimpico. Di babak pertama, Roma unggul 3-0 melalui Paulo Dybala, Renato Sanches, dan gol bunuh diri Alberto Grassi. Kemudian empat gol lagi tercipta di babak kedua melalui Paulo Dybala, Romelu Lukaku, Bryan Cristante, dan Mancini. Pesta gol ini sekaligus membuat AS Roma mengemas kemenangan pertamanya di Liga Italia.

Di Spanyol, Real Madrid kembali menduduki tahta La Liga setelah menang 2-1 dalam laga kandang melawan Real Sociedad di Santiago Bernabeu, Senin (18/9) dini hari WIB. Los Blancos tertinggal lebih dulu berkat gol Ander Barrenetxea di menit ke-5. Lalu kemenangan Real Madrid tercipta lewat gol Federico Valverde menit 46 dan Joselu menit 60.

POCHETTINO: MUDRYK MASIH BELAJAR

Sudah 21 pertandingan dimainkan bersama Chelsea, Mykhailo Mudryk belum juga mampu mencetak satu gol pun. Menurut catatan Sofascore, jangankan bikin gol, aksi-aksi Mudryk di atas lapangan bahkan dianggap sama sekali tidak membahayakan buat kiper atau para bek lawan. Teranyar saat Chelsea ditahan imbang 0-0 oleh Bournemouth. Tapi Mauricio Pochettino tak kehilangan kepercayaan pada Mudryk dan masih terus menunggu gol-gol datang dari kaki dan kepalanya. “Dia berkembang. Dia masih perlu belajar di Premier League, ini sangat cepat,” kata Pochettino seperti dilansir dari Sky Sports.

ARTETA UNGKAP CEDERA GABRIEL MARTINELLI

Jelang liga Champions matchday pertama, Arsenal terancam tidak diperkuat pemain sayap Gabriel Martinelli setelah ia mengalami cedera dalam kemenangan atas Everton. Mikel Arteta memberikan informasi terkini tentang cedera Martinelli setelah laga tersebut. “Saya pikir, dia merasakan sesuatu dalam aksinya untuk mencetak gol. Biasanya dia bukan pemain yang mengalami masalah otot, namun dia harus ditarik keluar. Mari kita lihat,” katanya.

DE ZERBI TAK TERKEJUT BRIGHTON KALAHKAN MU

Banyak orang menilai kemenangan Brighton atas MU di Old Trafford sebagai kejutan. Kendati begitu, pelatih Brighton, Roberto de Zerbi, mengakui tidak terkejut dengan kemenangan yang ditorehkan anak-anak asuhnya di laga itu. Kemenangan ini, kata De Zerbi, kembali menjadi penegas soal keindahan sepak bola, saat tim yang dianggap lebih kecil bisa mengalahkan tim unggulan.

SATU STADION OLD TRAFFORD TERIAKAN NAMA RONALDO

Suporter Manchester United meneriakkan nama Cristiano Ronaldo saat tim kesayangan mereka dipermalukan Brighton pada lanjutan Liga Inggris, Sabtu (16/9). Satu stadion kompak meneriakkan ‘Viva Ronaldo’. Aksi fans tuan rumah menggema keras yang kemungkinan besar dimaksud untuk menyindir Erik ten Hag. Kedatangan pelatih asal Belanda itulah yang membuat Ronaldo hengkang.

KAMERAMEN NYARIS KO KENA FREEKICK CR7

Sebuah insiden terjadi pada duel Al Nassr dan Al Raed. Insiden tersebut dimulai saat Al Nassr mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti. Seperti biasa, Ronaldo tampil sebagai eksekutor free kick. Tapi tendangannya meleset. Sepakan keras Ronaldo mengenai kepala kameramen yang bertugas di belakang gawang. Sang petugas tidak sempat menghindar. Bola mengenai kepalanya. Dia terhuyung dan hampir jatuh dari posisinya.

BARCELONA TULIS NAMA RONALDO SEBAGAI PENCETAK GOL SAAT LIBAS REAL BETIS 5-0

Tim media sosial Barcelona menyebabkan kebingungan massal tak lama setelah laga melawan Real Betis ketika memposting skor. Bagaimana tidak? Barcelona menulis nama Cristiano Ronaldo dan Ansu Fati sebagai pencetak gol Real Betis. Grafik papan skor itu diunggah Barcelona di media sosial X. Untuk nama-nama para pencetak gol Barcelona memang benar dan tidak ada kesalahan. Unggahan papan skor tersebut pun seketika langsung dihapus dari akun media sosial resmi Barcelona tersebut.

KOMENTAR MOURINHO TENTANG LUKAKU

AS Roma menang 7-0 atas Empoli di Stadion Olimpico. Jose Mourinho kemudian meyakinkan bahwa Romelu Lukaku lebih dibutuhkan Roma daripada Inter Milan. Mourinho, yang pernah melatih Inter, meminta bekas klubnya jangan marah kepada Lukaku. Terlebih, I Nerazzurri juga bisa tampil bagus sejauh ini, dengan terakhir membungkam rival sekotanya, AC Milan, dengan skor 5-1.

JAMES MILNER CIPTAKAN REKOR DI OLD TRAFFORD

Ikon Liverpool dan Manchester City, James Milner yang kini bermain di Brighton, memiliki lebih banyak kemenangan melawan Manchester United dibandingkan pemain lain dalam sejarah Premier League. Dia kini telah mengalahkan MU 11 kali di Liga Inggris. Menurut Opta, gelandang serba bisa ini juga mencatatkan kemenangan tandang terbanyak melawan MU dengan enam kemenangan dan merupakan pemain pertama yang menang di Old Trafford bersama empat klub berbeda, yakni Aston Villa, City, Liverpool, dan kini Brighton.

HINAAN WARNAI DEBUT MASON GREENWOOD DI LA LIGA

Mason Greenwood menjalani debutnya di laga Getafe vs Osasuna. Akan tetapi debutnya di Liga Spanyol diwarnai dengan hinaan terhadap dirinya. Greenwood yang masuk di menit 77 tak mendapat sambutan ramah dari suporter Osasuna. Chant ‘Greenwood mati’ menggema dari sudut tribun stadion yang dipenuhi pendukung tim lawan, menghina sang pemain. Dalam laga itu, Greenwood menjalani debutnya dengan kemenangan meski tak bikin gol. Getafe bisa mengalahkan Osasuna 3-2 di pekan kelima Liga Spanyol.

THOMAS LEMAR CEDERA SERIUS

Gelandang Atletico Madrid, Thomas Lemar mengalami cedera tendon Achilles di kaki kanannya saat timnya kalah 3-0 di markas Valencia pada Sabtu di Liga Spanyol. Atletico mengatakan pada hari Minggu bahwa Lemar perlu menjalani operasi untuk memperbaiki tendonnya. Pemain asal Prancis itu diperkirakan akan absen selama beberapa bulan. Atletico tidak segera memberikan jadwal kepulangannya.

GARA-GARA FANS MU, TEN HAG JADI BERI PUJIAN UNTUK HOJLUND

Meski tak cetak gol lawan Brighton, Rasmus Hojlund mendapatkan pujian dari manajer MU Erik Ten Hag. Setidaknya, Ten Hag membaca kemampuan Hojlund dari sorakan fans MU saat dirinya menarik Hojlund keluar. Mereka seperti tak setuju Ten Hag menarik Rasmus Hojlund yang sepertinya sudah dapatkan hati fans MU. Ten Hag mengaku punya alasan untuk mengganti Hojlund. Dia menilai striker Denmark itu belum pulih 100 persen. Ten Hag mengaku tak menyesal sudah mengganti Hojlund. Soalnya, dia ogah kehilangan pemain ini untuk jangka waktu yang lama.

SANANTA TAK DILEPAS KE TIMNAS INDONESIA U24

Persis Solo tidak mengizinkan Ramadhan Sananta bergabung ke Timnas Indonesia U24. Sananta pun harus mengubur mimpinya bermain di ajang Asian Games. Ramadhan Sananta sangat dibutuhkan tenaganya untuk memperkuat Persis di Liga 1 2023/24. Mengingat klub berjuluk Laskar Sambernyawa kekurangan pemain depan akibat beberapa pemain seperti Irfan Jauhari, Arkhan Kaka dan Fernando Rodriguez alami cedera.

GAWAT! STRIKER BARU BARCA TERLAMBAT DATANG

Dilansir Goal, Barcelona telah menetapkan tanggal kedatangan striker Wonderkid baru mereka, yakni Vitor Roque pada Januari 2024 mendatang. Tapi kabar terbaru masalah Financial Fair Play (FFP) dapat mengubah rencana tersebut. Menurut Direktur sepakbola Barca Deco, Kedatangan Roque akan bergantung pada beberapa hal. Selain FFP, ada juga regulasi La Liga yang harus dipatuhi.

SIKAP XAVI TERHADAP DUO JOAO

Terlihat sekali wajah sumringah dari pelatih Barca, Xavi. Ia terus memuji dua pembelian barunya yakni “Duo Joao”. Mereka berdua mencatatkan namanya di papan skor ketika menang 5-0 atas Real Betis. “Saya melihat kedua Joao, baik itu Felix maupun Cancelo terlihat bahagia dan puas. Mereka sangat bersemangat di lapangan. Itulah yang menjadi penting bagi kami”. Kata Xavi ketika diwawancarai Marca. 

BEK BARU UNION BERLIN SIAP KANDASKAN REAL MADRID

Dilansir Football Espana, jelang debut Union Berlin di Liga Champions melawan Real Madrid, pemain baru mereka Robin Gosens diketahui sudah berani tebar ancaman pada El Real. “Kami tidak pergi ke Bernabeu untuk menjadi penonton. Kami tidak akan mengagumi Bernabeu. Kami bisa memenangkan pertandingan di sana nanti. Kata Gosens. 

ATLETICO KRISIS PEMAIN JELANG LAWAN LAZIO

Menghadapi Lazio di laga pembuka Liga Champions, Atletico Madrid kini dalam kondisi terkena badai cedera. Termasuk teranyar Thomas Lemar yang kemungkinan akan absen selama sisa musim ini setelah menderita cedera tendon Achilles yang serius. Cedera Lemar dialami di laga La Liga melawan Valencia. Lemar harus ditandu keluar lapangan karena terlihat kesakitan.

ROMA SIAPKAN LATIHAN KHUSUS DYBALA DAN LUKAKU

Seperti yang disoroti oleh Corriere dello Sport, Roma sangat menyadari masalah fisik yang dialami Dybala dan Lukaku baru-baru ini. Roma kini telah menyusun rencana latihan khusus untuk keduanya. Selain rencana pemberian nutrisi yang tepat, pasangan ini akan diberikan satu atau dua hari sesi latihan individu setiap laga usai. Hal itu diharapkan dapat membantu mereka menghindari kelebihan beban otot dan masalah fisik lainnya.

CR7 AMBIL TINDAKAN HUKUM KEPADA JUVENTUS

Cristiano Ronaldo dikabarkan telah menuntut Juventus untuk melunasi tunggakan gajinya yang belum dibayarkan. Penundaan tersebut dilakukan karena Juve ketika itu sedang mengalami kesulitan keuangan selama pandemi Covid-19. Tapi kini, CR7 telah mengambil tindakan hukum. Dilaporkan pihak CR7 menuntut pembayaran bersih sebesar 19,9 juta euro atau senilai Rp 326 miliar yang dijanjikan oleh klub.

BONUCCI DIBELA REKANNYA SOAL KASUSNYA DENGAN JUVENTUS

Riccardo Montolivo yang juga rekan Bonucci ketika di timnas Italia, mengatakan dia memahami rasa frustasi yang dialami Bonucci karena dipaksa keluar dari Juventus. Dirinya merasa dulu juga pernah dibekukan dari skuad oleh AC Milan ketika di jaman pelatih Gattuso. Montolivo menyadari bahwa ia tak bisa serta merta menyalahkan Bonucci. Karena ia memahami kondisi tersebut, seperti apa yang ia alami dulu. 

KIPER PSG SIAP COMEBACK DARI KOMA

Kiper PSG asal Spanyol, Sergio Rico ingin segera kembali untuk beraksi di lapangan setelah pulih dari kecelakaan bulan Mei lalu yang membuatnya sempat koma. Berbicara kepada situs resmi PSG, Rico berkata, “Pada tanggal 22 September saya akan menjalani tes baru untuk melihat apakah pemulihan berjalan dengan tepat. Saya berharap ini akan menjadi kabar baik. 

BEK SAO PAULO GABUNG TIMNAS INDONESIA U-17

Pemain diaspora tersisa di Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023, tinggal Welberlieskott de Halim Jardim. Bek yang akrab dipanggil Welber Jardim itu memang tidak sedang mengikuti training camp Timnas Indonesia U-17 di Jakarta, karena tengah berada di Brazil untuk membela Sao Paulo U-17. Namun, Welber Jardim sudah dipastikan Coach Bima Sakti untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-17 nanti.

DUA PEMAIN KETURUNAN MASUK SKUAD U-24 DI ASIAN GAMES

Pada gelaran Asian Games 2022 Hangzhou nanti, Timnas Indonesia U-24 telah memanggil sederet pemain top tanah air, ditambah para pemain keturunan berdarah Brazil. Mereka adalah George Brown di bek kanan, dan juga gelandang Hugo Samir. Dua-duanya nanti akan masuk dalam skuad yang akan dibesut Coach Indra Sjafri. Indonesia sendiri di cabang sepakbola Asian games 2022 ini, tergabung di Grup F bersama Korea utara, Taiwan, dan Kirgistan.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *