• February 21, 2024

Berita Bola Terbaru 17 Mei 2023

BERITA BOLA TERBARU DAN TERKINI

AKHIRNYA, INDONESIA REBUT EMAS SEA GAMES 2023

Timnas Indonesia U22 akhirnya merengkuh emas Sea Games usai menghabisi Thailand 5-2 via babak extra time. Bertanding di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Selasa, Tim Garuda unggul dua gol duluan di babak pertama lewat brace Ramadhan Sananta, menit ke-21 dan menit 45. Thailand lalu membalas di babak kedua berkat sundulan Anan menit 65 dan Yotsakorn Burapha di masa injury time. Laga berlanjut ke extra time. Indonesia mengamuk di babak ini lewat lesatan tiga gol lagi. Masing-masing dibuat oleh Irfan Jauhari, Fajar Fathurrahman, dan Beckham Putra Nugraha. Ini menjadi emas pertama Timnas Indonesia usai menunggu 32 tahun lamanya.

MOMEN LAGA FINAL SEA GAMES 2023

Final Sea Games 2023 antara Indonesia vs Thailand diwarnai beberapa insiden dan momen menarik. Laga memang berjalan tensi tinggi. Wasit asal Oman sampai harus mengeluarkan 13 kartu kuning dan empat kartu merah. Salah satu momen yang terjadi adalah saat pelatih Indra Sjafri selebrasi duluan, mengira wasit sudah meniup peluit akhir. Lalu tak berselang lama terjadi insiden keributan antar official kedua tim, yang dipicu oleh selebrasi kubu Thailand di depan bench timnas Indonesia. Di waktu extra time, usai terjadinya gol Irfan Jauhari kembali terjadi kericuhan antar official hingga pemain. Manajer Timnas Indonesia, Sumardji menjadi salah satu korbannya.

INDRA SJAFRI BAWA TIMNAS INDONESIA JUARA DI TIGA AJANG BERBEDA

Indra Sjafri menjadi satu-satunya pelatih yang bawa Timnas Indonesia juara di tiga ajang berbeda. Yang terbaru, Indra Sjafri sukses membawa Timnas Indonesia U-22 menjadi juara di ajang Sea Games 2023 edisi ke-32 Kamboja. Sebelumnya, pria berkumis itu bawa Timnas Indonesia U19 raih Piala AFF U19 di tahun 2013 di kandang sendiri, dan membawa Indonesia U22 juga sabet Piala AFF U22 2019 di Kamboja.

MOMEN MARSELINO DAN ARHAN LEDEK SELEBRASI PENYERANG THAILAND

Setelah kemenangan Timnas Indonesia U22 atas Thailand, Marselino Ferdinand dan Pratama Arhan meledek selebrasi penyerang Thailand, Yotsakorn Burapha. Sebelumnya, Yotsakorn Burapha melakukan selebrasi dengan berjoget usai mencetak gol penyeimbang di laga kontra Timnas Indonesia U-22. Marselino Ferdinan dan Pratama Arhan melakukan selebrasi sambil berjoget ala Yotsakorn Burapha di dalam ruang ganti.

ATURAN DROP BALL YANG BERUJUNG GOL SANANTA

Gol kedua Ramadhan Sananta sempat diprotes kubu Thailand, mengira itu bola fair play. Padahal, bola yang diberikan wasit kepada Rizki Ridho merupakan drop ball dan bukan bola fair play. Aturan Law of the Game International Football Association Board (IFAB) membahas aturan terkait drop ball. Dalam Aturan 8 IFAB tentang start dan memulai lagi pertandingan, wasit bisa memberi bola drop ball ke satu pemain dari tim yang terakhir kali menyentuh bola di posisi terakhirnya. Bola dianggap play on ketika sudah menyentuh lapangan.

INTER MILAN LOLOS KE FINAL LIGA CHAMPIONS

Inter Milan melaju ke final Liga Champions 2022/23 usai menyingkirkan AC Milan, Rabu dini hari tadi. Dalam laga leg kedua semifinal yang berlangsung di Giuseppe Meazza, Inter menang 1-0 berkat gol Lautaro Martinez di menit ke-70. Skor ini membuat Inter menang agregat 3-0 atas I Rossoneri. Inter pun ke final setelah terakhir kali pada 2010 silam.

MKHITARYAN JADI TUMBAL KEMENANGAN INTER

Inter kehilangan Henrikh Mkhitaryan tepat sebelum paruh waktu di semifinal Liga Champions melawan Milan, karena ia menderita masalah otot. Dia ditarik keluar di menit 43 dan digantikan oleh Marcelo Brozovic. Menurut laporan awal dari Mediaset Premium, pemain internasional Armenia itu menderita sakit di paha depan paha kirinya.

LAUTARO: JUARA PIALA DUNIA SUDAH, SAATNYA LIGA CHAMPIONS?

Usai memenangkan Piala Dunia 2022 bersama Argentina, kini final kompetisi besar menanti Lautaro lagi, usai dirinya membawa Inter menyingkirkan AC Milan di Semifinal Liga Champions. “Setelah Piala Dunia, kami tahu kami berkesempatan lolos lagi ke final dan itu kejadian. Siapapun lawannya, itu akan jadi laga terakhir kami musim ini, kami akan datang ke sana, dan meraih hasil sebaik mungkin.”

GUARDIOLA TEGASKAN WARISAN TIM ASUHANNYA SUDAH LUAR BIASA

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola menegaskan bahwa warisannya di City “sudah luar biasa” bahkan jika dia gagal meraih treble musim ini. Guardiola kini menatap laga leg kedua semifinal Liga Champions melawan Madrid. Pelatih asal Spanyol itu menyebut bahwa City tidak harus menampilkan permainan yang luar biasa lawan Real Madrid. Yang penting jadi diri sendiri dan menangi satu laga untuk ke final.

WALKER TEBAR PSYWAR JELANG DUEL KEDUA LAWAN VINI JR

Bek sayap Manchester City, Kyle Walker menebar psywar jelang duel kedua melawan Vinicius Junior. Walker mengaku menaruh rasa hormat tinggi bagi Vinicius di leg pertama dengan penampilan impresifnya. Namun Walker menegaskan bahwa setelah peluit berbunyi, rasa itu akan berganti dengan ambisi untuk mengalahkan Vini.

THOMAS TUCHEL ‘TENDANG’ MANE DARI BAYERN MUNCHEN?

Thomas Tuchel kabarnya akan merombak skuad Bayern Munchen musim depan. Sadio Mane, striker yang baru direkrut, kabarnya akan dilepas. Dilaporkan Sky Sports Germany, Mane kabarnya akan masuk daftar jual Die Roten musim panas mendatang. Selain Sadio Mane, Tuchel juga akan melepas Joao Cancelo. Pemain pinjaman Bayern Munchen dari Manchester City itu akan dikembalikan, di mana sang pemain kabarnya akan lanjut ke Barcelona

ARSENAL SIAPKAN TAWARAN BESAR UNTUK REKRUT DECLAN RICE

Rumor ketertarikan Arsenal terhadap Declan Rice nampaknya bukan sekedar isapan jempol belaka. Klub berjuluk The Gunners dikabarkan sudah menganggarkan dana yang besar untuk merekrut sang gelandang. Mereka berencana untuk memecahkan rekor transfer mereka, dengan menebus Rice di angka 90 juta pounds atau Rp 1,6 triliun. Arsenal berharap tawaran besar itu bisa meluluhkan hati West Ham untuk melepaskan sang gelandang.

LAPORTA KETEMU JORDI ALBA, BAHAS APA?

Masa depan Jordi Alba di Barcelona sempat menjadi perbincangan hangat selama beberapa pekan terakhir. Pemain 34 tahun itu banyak dikaitkan dengan kepindahan musim panas ini. Presiden klub, Joan Laporta melakukan pertemuan dengan Jordi Alba selama hampir tiga jam kemarin. Barca menyambut kemungkinan dia melanjutkan. Masih harus dilihat dalam kondisi apa. Klub tahu bahwa Alba ingin melanjutkan.

KLARIFIKASI CARLO ANCELOTTI SOAL ANTONIO RUDIGER

Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti membeberkan situasi Antonio Rudiger jelang pertemuan melawan Manchester City. Sehari sebelumnya, dia mengonfirmasi bahwa sang pemain bakal menjadi starter, tetapi di kesempatan kali ini mengklarifikasinya. “Saya minta maaf, karena itu adalah kesalahan. Saya pikir Anda bertanya kepada saya tentang Rodrygo, yang tidak duduk di bangku cadangan,” tutur Carlo Ancelotti dalam konferensi pers jelang laga pada Selasa (15/5).

RONALDO NYEKOR, AL-NASSR MENANG

Al-Nassr meraih kemenangan 2-0 saat bertandang ke markas Al-Tai dalam lanjutan Liga Arab Saudi. Pada pertandingan ini, Cristiano Ronaldo menyumbang gol dari titik putih. Meski demikian, kemenangan ini tidak mengubah posisi Al-Nassr di klasemen Liga Arab Saudi. The Global Club tertahan di urutan kedua dengan 60 poin, tertinggal 3 angka dari Al Ittihad di atasnya dengan 3 laga tersisa.

ALISSON BECKER UNGKAP MISI JANGKA PANJANGNYA DI LIVERPOOL

Kiper Liverpool, Alisson Becker mengungkapkan misi jangka panjangnya bersama Liverpool. Yakni ia ingin membuat catatan nirbobol atau clean sheets dalam 200 pertandingan. Hal ini diungkapkan oleh Alisson usai kemenangan Liverpool 3-0 atas Leicester City. Laga itu menjadi clean sheet ke-103 dari 230 laga Alisson bersama Liverpool. Artinya, kiper berusia 30 tahun itu sudah mencapai setengah dari targetnya. Sejauh ini, Alisson diprediksi masih akan jadi kiper utama Liverpool hingga musim depan.

LIVERPOOL PANASKAN PERBURUAN TAMMY ABRAHAM

Striker AS Roma, Tammy Abraham, kini tak cuma diincar Manchester United tapi juga rival mereka di Liga Inggris, Liverpool. Gosip itu berasal dari laporan Fichajes. Liverpool sendiri sebenarnya sudah punya banyak penyerang, khususnya di pos penyerang tengah. Akan tetapi satu pemain akan pergi pada musim panas nanti yakni Roberto Firmino. Jadi, Abraham disiapkan sebagai pengganti Firmino. Laporan itu juga menyebut bahwa selain The Reds, Tammy juga dibidik oleh Newcastle dan Tottenham.

POCHETTINO MINTA CHELSEA BELI TIGA PEMAIN ARGENTINA

Mauricio Pochettino ingin mengontrak trio Argentina, Lautaro Martinez, Alexis Mac Allister, dan Emiliano Martinez apabila mengambil kendali Chelsea. Ketiganya memang punya kontribusi besar dalam kesuksesan Argentina menjuarai Piala Dunia 2022. Pochettino sendiri telah menerim semua syarat dan kondisi untuk menjadi juru taktik The Blues musim depan. Untuk sekarang, Pochettino tengah berdiskusi dengan Direktur Olahraga Chelsea, Laurence Stewart dan Paul Winstanley, soal perencanaan skuad musim depan.

RAFAEL LEAO BERAMBISI MAIN DI LIGA INGGRIS MASA DEPAN

Bintang Milan, Rafael Leao, yang baru menyetujui kontrak hingga 2028 dengan Rossoneri, berbicara tentang karier, ambisi, dan keinginannya untuk bermain di Liga Premier di masa depan. Menurut Leao, setiap pemain ingin bermain di Premier League karena ini adalah liga yang sangat kompetitif. “Ini memiliki sepak bola yang menarik, tim-tim hebat, dan penonton di seluruh dunia. Serie A saat ini memiliki posisi yang sangat baik di dunia sepak bola, tetapi saya pasti harus mengatakan Liga Premier di masa depan.”

LAPORTA: BARCELONA ADALAH RUMAH MESSI

Kisah romansa Barcelona dan Lionel Messi kelihatannya bakal kembali berlanjut, setelah pihak manajemen Barcelona mengakui bakal membawa pulang La Pulga di bursa transfer musim panas nanti. Joan Laporta, presiden Barca bahkan menyebut, bakal melakukan segala cara untuk memulangkan Messi ke Camp Nou. Barcelona yakin bisa saingi tawaran Arab Saudi untuk datangkan Messi. “Dengan segala hormat kepada Arab Saudi, Barca adalah Barca, dan itu adalah rumahnya,” ujar Laporta.

DUA RAKSASA ASAL JERMAN BEREBUT BINTANG MEKSIKO

Raksasa Bundesliga Bayern Munchen dan Borussia Dortmund mengejar pemain internasional Meksiko, Edson Álvarez. Jika ingin mendapatkan servis Alvarez, baik Bayern atau Dortmund harus merogoh kocek minimal 40 juta euro. Ajax sendiri dikabarkan bersedia mendengarkan tawaran untuk sang gelandang, yang telah bersama klub Belanda selama empat tahun, untuk memastikan bahwa mereka tidak akan kehilangan sang pemain secara gratis di kemudian hari.

PHIL JONES TINGGALKAN MU

Bek Manchester United, Phil Jones, bagaimana pun, tidak beruntung dengan cedera akhir-akhir ini dan telah menjadi pemain terlupakan. Penampilan terakhirnya untuk Manchester United terjadi saat melawan Brentford pada 2 Mei 2022. Kontrak Jones sekarang hampir habis, dengan Manchester Evening News mengklaim bahwa eks Blackburn Rovers itu akan dilepas sebagai agen bebas pada musim panas ini.

LEGENDA MU TOLAK RENCANA MU DATANGKAN VERRATTI

Manchester United dirumorkan ingin memboyong Marco Verratti dari Paris Saint-Germain di musim panas 2023 nanti. Tapi rencana ini ditolak oleh Mikael Silvestre. Menurutnya, Verratti bukanlah gelandang yang diperlukan mantan klubnya. Usia Verratti yang sudah tidak muda yakni 30 tahun jadi alasan mendasar bagi Silvestre menolak hal tersebut. MU disarankan untuk merekrut pemain yang lebih muda yang lebih berguna di masa depan.

WEST HAM INCAR PEMAIN VALENCIA YUNUS MUSAH

Dikutip Tribalfootball, West Ham United tengah memantau mantan bintang muda Arsenal, Yunus Musah. The Hammers tertarik merekrut pemain Valencia itu pada bursa transfer musim panas mendatang. West Ham akan melihatnya sebagai pemain yang ideal untuk memperkuat skuad mereka, terutama jika pemain bintang sekaligus kapten tim Declan Rice pergi di musim panas.

CLEMENT LENGLET AJUKAN SYARAT UNTUK BERTAHAN DI TOTTENHAM HOTSPUR

Masa depan pemain pinjaman dari Barcelona, Clement Lenglet, di Tottenham Hotspur masih belum ada kepastian. Ia pun mengajukan satu permintaan untuk bertahan di klub papan atas Liga Inggris. Lenglet ingin Tottenham mendatangkan pelatih yang bisa menjamin dirinya bermain. Jika klub Liga Inggris tak mendatangkan pelatih yang sesuai seperti keinginannya, ada potensi Lenglet tidak akan bertahan di Tottenham Hotspur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *