• February 21, 2024

Berita Bola Terbaru 13 September 2023

BERITA BOLA TERBARU DAN TEKRINI

HASIL PERTANDINGAN

Spanyol memetik kemenangan telak 6-0 atas Siprus dalam lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2024, Rabu (13/9) dini hari WIB. Bertanding di Estadio Nuevo Los Carmenes, enam gol La Furia Roja dicetak oleh lima pemain berbeda. Ferran Torres mencetak dua gol dalam laga ini, melengkapi gol yang telah dibuat oleh Gavi, Mikel Merino, Joselu, dan Alex Baena. Kemenangan ini menjaga Spanyol di posisi kedua Grup A Kualifikasi Euro 2024 dengan sembilan poin dari empat pertandingan.

Italia sukses mengalahkan Ukraina dengan skor 2-1 dalam laga lanjutan Grup C Kualifikasi Euro 2024 yang digelar di San Siro, Milan, Rabu (13/9) dini hari WIB. Dua gol kemenangan Italia diborong oleh gelandang asal Inter Milan, Davide Frattesi, menit ke-12 dan 29. Ukraina sempat memperkecil ketinggalan berkat gol Andriy Yarmolenko. Berkat hasil ini, Italia kini meraup poin 7 dari empat kali bermain. Mereka pun menyamai poin milik Ukraina, dan masing-masing menduduki peringkat dua dan tiga Grup C.

Belgia perkasa dengan memenangi pertandingan lanjutan kualifikasi Euro 2024 Grup F dengan skor telak 5-0 melawan Estonia, Rabu (13/9) dini hari WIB. Romelu Lukaku mencetak dua gol dan menyodorkan satu assist dalam laga ini. Tiga gol lainnya dicetak oleh Jan Vertonghen, Leandro Trossard, dan Charles de Ketelaere. Dengan kemenangan besar tersebut, Belgia makin kokoh di puncak klasemen grup F dengan 13 poin dari lima laga.

Timnas Inggris meraih kemenangan mudah 3-1 atas Skotlandia dalam pertandingan persahabatan di Hampden Park, Rabu (13/9) dini hari WIB. Gol The Three Lions tercipta berkat aksi Phil Foden, Jude Bellingham, dan Harry Kane. Sementara satu-satunya gol Skotlandia dibuat oleh bek Inggris, Harry Maguire. 

Tuan rumah Euro 2024, Jerman, mengandaskan Prancis 2-1 dalam pertandingan persahabatan internasional pada Rabu (13/9) dini hari WIB. Gol-gol dari Thomas Muller dan Leroy Sane di awal dan akhir pertandingan memberikan Jerman kemenangan pertama mereka dalam enam pertandingan terakhir. Prancis sendiri hanya mampu memperkecil skor lewat sang penyerang Antoine Griezmann.

Timnas Argentina yang bermain tanpa Lionel Messi mengalahkan Bolivia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona CONMEBOL di Stadion Hernando Siles, Rabu (13/9) dini hari waktu Indonesia. Tiga gol sang juara dunia masing-masing dicetak oleh Enzo Fernandez, Nicolas Tagliafico, dan Nicolas Gonzalez.

PESONA MESSI BIKIN SUPORTER BOLIVIA TERBELAH

Pesona Lionel Messi membuat suporter Bolivia terbelah. Para suporter di Bolivia terbelah sebagian meneriakkan nama Messi, meski saat itu Messi bertanding menghadapi timnas dari negaranya sendiri. Sementara sektor lain bereaksi dengan bernyanyi untuk timnas Bolivia dalam duel Kualifikasi Piala Dunia di Stadion Hernando Siles. Kedatangan Tim Tango ke negara tersebut benar-benar memecah belah pendukung Bolivia di stadion, meski La Pulga tidak ikut bermain.

TIMNAS INDONESIA LOLOS KE PIALA ASIA U23

Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024. Kepastian itu didapat usai Indonesia melibas Turkmenistan 2-0 pada laga terakhir Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9). Disaksikan Presiden Jokowi, Indonesia unggul di menit ke-40 melalui sepakan jarak jauh Ivar Jenner. Keunggulan tim merah putih lalu bertambah di menit-menit akhir berkat sundulan Pratama Arhan. Dengan hasil ini, Indonesia menduduki puncak klasemen Grup K dengan 6 poin dan lolos untuk pertama kalinya ke Piala Asia U23 yang bakal digelar di Qatar pada April-Mei 2024.

REKOR GILA SHIN TAE YONG

Juru taktik asal Korea Selatan Shin Tae Yong berhasil mencatatkan rekor gila. Dia menjadi pelatih pertama yang berhasil membawa tiga kelompok usia Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia yaitu senior, U-20, dan U-23. Pertama, pada Juni 2022 lalu, coach Shin membawa timnas senior ke Piala Asia 2023 yang bakal berlangsung pada Januari 2024 di Qatar. Kedua, STY membawa Garuda Muda ke Piala Asia U20 2023. Sayang kala itu, Arkhan Fikri dkk gagal lolos dari penyisihan grup. Dan ketiga, STY sukses mengepakkan sayap garuda menuju Piala Asia U23 2024.

SELEBRASI BUCIN PRATAMA ARHAN VIRAL

Bek kiri Timnas Indonesia Pratama Arhan mencetak gol kedua skuad Garuda di menit akhir pertandingan melawan Turkmenistan. Dia lalu melakukan selebrasi unik dan bucin. Membuka kaosnya bertuliskan nama sang istrinya, Azizah Salsha, yang duduk di tribun VIP. Sontak, selebrasi ini sukses trending di platform X dan disukai oleh banyak orang. 

PEMBAGIAN POT PIALA ASIA U23 2024

Pembagian pot drawing Piala Asia U-23 didasarkan pada performa di Piala Asia U-23 2022 lalu. Karena Indonesia tidak lolos ke Piala Asia U23 edisi sebelumnya, Indonesia harus puas berada di Pot 4. Selain Indonesia, ada tiga negara lain yang ditempatkan di pot 4 yakni Malaysia, Tajikistan, dan China. Sementara Arab Saudi adalah juara bertahan Piala Asia U-23. Berdasarkan performa itu, Arab Saudi berada di pot 1.

DRAWING PIALA DUNIA U17, INDONESIA DI POT 1

Drawing pembagian grup Piala Dunia U-17 2023 sudah diumumkan FIFA. Acara pengundian nantinya akan berlangsung pada Jumat, 15 September mendatang, di markas FIFA di Zurich, Swiss.  Proses undian akan mengatur 24 tim ke dalam enam grup yang masing-masing berisi empat negara. Tim-tim ini telah dibagi ke dalam empat pot. Penentuan pot ini didasarkan pada penilaian kinerja tim di lima edisi terakhir Piala Dunia U-17. Sebagai tuan rumah, Indonesia masuk ke pot 1 bersama negara seperti Prancis dan Brasil.

MASUK SEBAGAI PEMAIN PENGGANTI, MAGUIRE MALAH BIKIN GOL BUNUH DIRI

Harry Maguire mencetak gol bunuh diri saat Inggris menang 3-1 atas Skotlandia dalam laga uji coba di Hampden Park, Glasgow. Gol bunuh diri yang dibuat bek MU itu terjadi setelah 22 menit masuk sejak awal babak kedua. Umpan mendatar pemain Skotlandia, Andy Robertson di sisi kanan kotak penalti coba dihalau Maguire tetapi bola justru mengarah ke gawang Inggris tanpa mampu diantisipasi kiper Aaron Ramsdale.

JUVENTUS MULAI GERAH DENGAN POGBA, POTENSI PUTUS KONTRAK SEPIHAK

Juventus bersikap tegas merespons situasi terbaru Paul Pogba. Juve berpotensi memutus kontrak gelandang asal Prancis itu. Seperti diketahui, Pogba telah didiagnosa memakai doping. Jika tes kedua menunjukkan hasil positif, Pogba bisa didepak dari Juventus. Sebelumnya, sang gelandang lebih banyak mengalami cedera. Ia keluar masuk ruang perawatan dan dianggap makan gaji buta. Kini, ia gagal tes doping.

REAL MADRID SIAPKAN DANA RP 3,8 T GUNA AMANKAN MBAPPE

Klub raksasa Spanyol Real Madrid kabarnya bakal menyiapkan dana sekitar 232 juta Euro atau sekitar Rp 3,8 triliun. Los Blancos ingin mengamankan Kylian Mbappe. Raksasa La Liga itu siap menyodorkan kesepakatan pra kontrak dengan sang pemain pada bursa transfer Januari mendatang. Ada pun dana itu disiapkan Real Madrid untuk gaji Kylian Mbappe plus biaya kepindahannya yang lain.

ILKAY GUNDOGAN CEDERA

Foto memperlihatkan detik-detik kapten timnas Jerman, Ilkay Gundogan terjatuh dari ketinggian 1,5 meter dan cedera pada laga kontra timnas Perancis, tadi malam. Belum diketahui pasti cedera apa dan seberapa parah cedera yang dialami gelandang Barcelona itu. Yang jelas, Gundogan terpaksa ditarik keluar hanya 25 menit sejak sepak mula. Dia terlihat menangis saat meninggalkan lapangan.

NEYMAR KENA SANTET DUKUN JELANG BRASIL VS PERU

Laga Peru vs Brasil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 membuat Neymar kena jampi-jampi. Bintang Tim Samba sudah dikasih ritual agar tampil loyo. Melansir France24, kelompok tabib tradisional dari hutan, pegunungan, dan pesisir Peru menyerukan ritual Tayta Inti untuk membuat Neymar tak berkutik di laga tersebut. Dukun Walter Alarcon mengatakan bahwa ritual itu dimaksudkan untuk mengaburkan pikiran Neymar sehingga dia tidak bisa “mencapai apa yang dia cari, yaitu gol”. Laga Peru vs Brasil digelar pada Rabu (13/9) pukul 09.00 WIB atau saat berita ini ditulis.

MU DIKABARKAN INCAR PEMAIN GRATISAN INI

Manchester United menghadapi situasi rumit di sektor kanan lini serang. Hal ini karena situasi Antony dan Jadon Sancho. Untuk menutupi lubang di sana, MU dikabarkan mengincar pemain gratisan Anwar El Ghazi. El Ghazi saat ini berstatus tanpa klub, setelah berpisah jalan lewat pemutusan kontrak secara mutual dengan PSV pada 4 September lalu. Pemain 28 tahun itu punya pengalaman di Inggris. El Ghazi sempat memperkuat Aston Villa pada rentang 2018-2022 silam, juga secara singkat berseragam Everton di musim 2021/2022.

MESSI UNGKAP SIAPA BEK TENGAH TERBAIK DUNIA PADA SAAT INI

Mega bintang Argentina, Lionel Messi, menyebut rekan setimnya di tim nasional, Cristian Romero, sebagai bek tengah terbaik di dunia pada saat ini. Romero jarang mendapatkan pengakuan selama bermain di Tottenham Hotspur. Namun demikian, Messi melontarkan pujian setinggi langit kepadanya. “Saya pikir dia adalah defender terbaik di dunia pada saat ini. Dia bermain dengan sangat baik dan, menurut saya, dia adalah Man of The Match [dalam laga kontra Ekuador],” kata Messi kepada Telemundo.

FELIX MAGATH SIAP LATIH TIMNAS JERMAN

Nama Felix Magath muncul sebagai salah satu kandidat pelatih baru Timnas Jerman. Felix Magath membuka diri terhadap kemungkinan jadi pengganti Hansi Flick di timnas Jerman. Dia yakin dapat membangkitkan Joshua Kimmich dkk yang sekarang tengah terpuruk. Felix Magath mengatakan, “Saya tak tahu kualifikasi yang ditetapkan DFB untuk posisi ini. Namun, menurut saya, saat ini jelas sangat dibutuhkan seseorang yang dapat menyatukan kembali tim yang benar-benar insecure ini.”

SOLSKJAER TOLAK TAWARAN LATIH TIMNAS WANITA NORWEGIA

Mantan manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer mendapat tawaran kembali ke peran manajerial dua tahun setelah dipecat dari Old Trafford. Solskjaer ditawari untuk menangani Timnas Wanita Norwegia. Ia diplot menggantikan Hege Riise.  Namun, ia menolak kesempatan tersebut. Solskjaer mengatakan bahwa ia belum siap untuk membesut timnas Wanita Norwegia.

KLAUSUL RAHASIA AMRABAT DI MU

Fiorentina melepas Sofyan Amrabat ke Manchester United dengan status pinjaman selama semusim. Nah, menurut Goal, Fiorentina telah mencantumkan klausul khusus dalam kontrak peminjaman Amrabat. Klausul yang dimaksud adalah, bahwa kontrak Amrabat akan otomatis diperpanjang satu tahun jika MU memutuskan untuk tidak membeli secara permanen di akhir masa pinjaman. Dua klub memang sudah menyepakati opsi pembelian permanen dalam kontrak peminjaman kali ini. Namun, sifat kesepakatan itu adalah opsi, bukan wajib. Artinya, Amrabat harus benar-benar membuktikan kualitasnya jika dia ingin bertahan di MU untuk lebih dari satu tahun masa pinjam yang sekarang.

RAYUAN RUMMENIGGE BIKIN KANE MANTAP PINDAH KE BAYERN

Transfer Harry Kane dari Tottenham ke Bayern Munchen sempat berjalan alot. Harry Kane mengungkap petinggi Bayern, Karl Heinz Rummenigge punya peran penting untuk membuatnya mantap pindah ke Bayern. Rummenigge merayu Kane bahwa Bayern adalah klub yang sangat menjunjung tinggi nilai kekeluargaan. Meski begitu, Bayern tetap punya ambisi yang sangat besar untuk meraih trofi. Hal inilah yang membuat Kane tak ragu untuk berseragam Die Bavarian.

ARSENAL TERUS PANTAU BEK SPORTING LISBON

Bintang muda Sporting Lisbon, Ousmane Diomande dianggap sebagai pemain besar berikutnya. Pemain berusia 19 tahun itu telah dikaitkan dengan kepindahan ke raksasa Liga Premier Arsenal. Tim Meriam London terus memantau perkembangannya. Diomande bermain 34 kali untuk Sporting musim lalu, meskipun usianya masih muda, menunjukkan kredibilitas tim utamanya. Diomande memiliki klausul pelepasan 69 juta pounds dalam kontraknya dengan Sporting saat ini.

DECLAN RICE UNGKAP ALASAN PILIH ARSENAL KETIMBANG MAN CITY

Declan Rice menjalani wawancara santai dengan eks Chelsea dan Liverpool, Joe Cole, di kanal Youtube Channel Four. Dalam kesempatan itu Rice ditanya apa alasannya gabung Arsenal. Padahal ia bisa saja gabung Liverpool atau Manchester City yang punya kans besar meraih gelar juara. Rice lantas mengaku langsung memilih gabung Arsenal karena merasa cocok dengan Mikel Arteta. Transfer Rice ke Arsenal ternyata tak cuma karena faktor Arteta saja. Ada bantuan dari Bukayo Saka yang ikut membujuk Rice agar lebih memilih pindah ke Emirates Stadium.

JURGEN KLINSMANN MINTA DIDEPAK KORSEL?

Juergen Klinsmann sepertinya sedang meminta Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) untuk memecatnya dari posisi pelatih timnas Korsel. Hal itu terlihat dari sikap keras kepala yang ditunjukkan. Saat ini, Klinsmann tengah jadi sorotan publik sepak bola Korsel. Pasalnya, di bawah asuhan eks pelatih timnas AS tersebut, Taeguk Warriors belum meraih kemenangan. Dalam 5 laga awal, Taeguk Warriors menelan 2 kekalahan dan 3 kali imbang. Itu rekor start terburuk pelatih timnas Korsel. Sudah begitu, sang pelatih berkeras tak mau tinggal di Korsel.

LIGA 2 MUSTAHIL PAKAI VAR

PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan kompetisi Liga 2 musim ini tak akan menggunakan VAR. Hal ini dituturkan oleh Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus. Saat ini, PT LIB dan PSSI tengah berupaya untuk mengaplikasikan VAR di Liga 1. Kehadiran VAR di Liga 1 diharapkan bisa berdampak banyak bagi pertandingan. Kendati belum menggunakan VAR, Ferry Paulus tetap ingin pertandingan Liga 2 bisa berjalan dengan adil. Ia menerangkan bahwa sebelumnya PSSI sudah memberikan pelatihan kepada wasit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *